Kenangan Jupe Bersama Ahok dan Impian yang Belum Terwujud... - Kompas.com

Kenangan Jupe Bersama Ahok dan Impian yang Belum Terwujud...

Sherly Puspita
Kompas.com - 10/06/2017, 18:08 WIB
dok. Instagram @basukibtp Melaui akun Instagram @basukibtp, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengunggah foto saat menjenguk artis Julia Perez di RSCM, Jakarta, Jumat (24/3/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran dan penyanyi Julia Perez (Jupe) mengembuskan napas terakhir, Sabtu (10/6/2017). Saat berjuang melawan penyakit kanker serviks, banyak dukungan yang terus mengalir untuk Jupe dari berbagai kalangan.

Salah satunya adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ahok yang kini ditahan di Mako Brimob karena kasus penodaan agama sudah beberapa kali menjenguk Jupe.

Awal Pertemuan Jupe dan Ahok

Jupe ternyata telah menyimpan rasa kagum sejak Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ia bahkan sempat mengaku memiliki keinginan bertemu langsung dengan Gubernur idamannya tersebut. Pucuk dicinta ulam pun tiba.

Akhirnya Jupe mendapatkan kesempatan bertemu langsung dengan Ahok bersama sejumlah artis Indonesia lainnya untuk menikmati jamuan makan malam di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta pada Selasa (29/3/2016) malam.

"Aku dari awal memang ngefans (Ahok), dari cara bicaranya, aku penasaran. Makanya pas diundang, 'ayo kita ketemu Pak Ahok', wah aku seneng banget. Aku penasaran ingin (kenal Ahok) lebih dalam lagi," kata Jupe saat itu.

Setelah malam bersejarah itu, Jupe semakin vokal menyampaikan dukungannya agar Ahok kembali memenangkan Pilkada DKI.

Namun sayang, kondisi kesehatan Jupe semakin hari semakin menurun karena penyakit kanker serviks.

Ahok beberapa kali jenguk Jupe di RS

Sekitar akhir tahun 2016 kondisi Jupe kian menurun. Hal ini mengharuskannya dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

Ahok pun melakukan kunjungan untuk memastikan perkembangan kondisi kesehatan Jupe pada Senin (26/12/2016).

Kedatangan Ahok itu diunggah Jupe, melalui akun Instagram @juliaperrezz, pada Senin (26/12/2016) sekitar pukul 17.00 WIB.

Tertera keterangan lokasi di video pendek yang diunggah, yakni di Gedung A RSCM. Tak sampai di situ, Ahok pun kembali mengunjungi Jupe yang masih dirawat di rumah sakit yang sama pada Sabtu (22/4/2017).

Pada saat itu Ahok mengaku sempat mendoakan untuk kesembuhan pelantun tembang "Belah Duren" itu.

Ahok sempat menyampaikan pesan kepada artis peran Jupe yang kala itu masih dirawat inap di RSCM agar artis sekaligus penyanyi dangdut tersebut tetap percaya bahwa banyak yang tengah mendukung kesembuhannya.

"Ya saya sampaikan ke Jupe, kamu harus tahu banyak orang yang sayang kamu, Tuhan juga sayang," kata Ahok kepada awak media seusai menengok di Gedung A RSCM.

 

Selain itu, mantan Bupati Belitung Timur itu juga menyelipkan sebuah pesan terkait masalah biaya. Ahok tidak ingin Jupe memikirkan biaya pengobatan. Jupe harus fokus untuk kesembuhannya.

"Enggak usah dikhawatirin juga soal biaya atau apa, teman-teman kan juga ngumpulin juga," katanya.

Jupe tagih janji Ahok bangun RS kanker

Dalam akun Instagram-nya Jupe pernah meminta Ahok untuk merealisasikan janjinya membangun rumah sakit kanker. Namun, impian Jupe itu belum dapat terwujud saat ini.

"Pak ahok... selagi jupe masih hidup.. jupe akan tagih rs ini berdiri tegak.. krn tugas jupe memastikan bapak ngak omdo ...," tulis Jupe melalui akun Instagram-nya, @juliaperrezz, Selasa (7/3/2017).

Dalam gambar yang ia unggah terdapat pernyataan Ahok bahwa Pemprov DKI telah selesai membuat rancangan RS kanker yang akan dibangun di bekas lahan RS Sumber Waras.

Tertulis juga, nantinya tersedia 1.000 ranjang untuk penderita kanker dan 1.026 untuk pasien stroke serta lumpuh otak.

Pernyataan itu menyebutkan pula, bakal ada apartemen dengan 500 unit kamar pelayanan variatif bagi pasien kanker stadium empat. Namun, belakangan diketahui, Jupe telah menghapus postingannya itu.

 

dok. Instagram @basukibtp Basuki Tjahaja Purnama melalui timnya mengunggah foto saat menjenguk Julia Perez di RSCM sekitar Maret 2017 lalu.

Perpisahan dengan Jupe

Setelah kunjungan terakhirnya, Ahok tak dapat lagi mengunjungi Jupe karena kasus penodaan agama yang tengah membelitnya. Hingga pada akhirnya Ahok dinyatakan terbukti bersalah melakukan penodaan agama dan dijatuhi vonis dua tahun penjara pada Selasa (9/5/2017).

Ahok pun langsung menjalani masa penahanannya. Sontak Ahok terisolasi dari dunia luar. Sebelum vonis dijatuhkan kepada Ahok, kondisi kesehatan Jupe mulai menurun setelah tiga tahun mengidap kanker serviks, tepatnya pada 19 April 2017.

Baca: Ayu Dewi: Julia Perez Itu Ceria, Kuat, dan Tulus

Pada saat itu Jupe harus menggunakan selang sebagai medium penghantar nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya dan menjalani cuci darah.

Sampai akhirnya perjuangan Jupe melawan sakit pun paripurna. Wanita bernama lahir Julia Rahmawati itu tutup usia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Sabtu (10/6/2017) pada usianya yang ke-36 tahun.

Tak seperti Ahok, Jupe tak hanya terisolasi dari dunia luar, Jupe benar-benar meninggalkan dunia untuk menghadap  Sang Pencipta. Selamat jalan Jupe...

Kompas TV Julia ‘Jupe’ Rahmawati Meninggal Dunia

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisSherly Puspita
EditorDian Maharani
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM