Bhabinkamtibmas Tangkap Tangan Pencuri Spesialis Rumah Kosong - Kompas.com

Bhabinkamtibmas Tangkap Tangan Pencuri Spesialis Rumah Kosong

Sherly Puspita
Kompas.com - 19/06/2017, 19:46 WIB
Dokumen Polres Jaktim Seorang pelaku pencurian di rumah kosong yang diamankan Bhabjnkamtibmas Kelurahan Jati, Jakarta Timur, Senin (19/6/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat ( Bhabinkamtibmas) Kelurahan Jati membekuk seorang pelaku pencurian di rumah kosong (rusong) di Jalan Belanak I, Kelurahan Jati, Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (19/6/2017) sekitar pukul 14.00 WIB.

"Ya, memang betul hari ini kami apresiasi keberanian Bhabinkamtibmas yang melakukan tangkap tangan terhadap seorang pelaku pencurian rusong," ujar Kapolres Jakarta Timur, Kombes Andri Wibowo saat dihubungi Kompas.com, Senin.

Andri mengatakan, kejadian ini bermula saat Bhabinkamtibmas Kelurahan Jati pimpinan Aipda Sugianto yang tengah melakukan kunjungan wilayah mendapatkan laporan warga mengenai tindak pencurian tersebut.

"Selanjutnya Bhabinkamtibmas langsung menuju TKP dan ternyata benar pelaku masih ada di dalam rumah. Bhabin memberikan imbauan kepada pelaku agar menyerah," kata dia.

Ia melanjutkan, saat itu diketahui terdapat dua orang pelaku yang masih melancarkan aksi di dalam rumah kosong tersebut. Saat diperingatkan, kedua pelaku tak mau menyerah.

"Akhirnya petugas Bhabin membuang tembakan peringatan, akhirnya pelaku bernama Kastono menyerah, namun temannya melarikan diri," kata dia.

Baca: Polisi: Penembak Italia Spesialis Rampok Rumah Kosong dan Curanmor

Petugas Bhabin, lanjutnya, kemudian menyeret Kastono keluar rumah dan mengamankan sejumlah barang bukti berupa sebuah sepeda motor Yamaha Mio, satu unit TV Toshiba 32 inchi, 5 buah jam tangan perempuan beberapa merk, uang tunai sebesar Rp 400.000, sebuah linggis, sebuah kunci L dan sebuah obeng min.

"Modus pelaku dengan merusak gembok pagar, masuk melalu jendela kamar dengan merusak jendela dan teralis, selanjunya mengacak acak kamar dan mengambil barang korban," lanjut Andri.

Saat ini Bhabinkamtibmas Kelurahan Jati telah berkoordinasi dengan Polres Jakarta Timur dan masih mengejar seorang pelaku yang melarikan diri.

Kompas TV Jelang Lebaran, aksi tindak kriminal seperti perampokan perlu diwaspadai.

PenulisSherly Puspita
EditorFidel Ali
Komentar

Close Ads X