Pendaftaran Mudik Gratis dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Semarang Masih Dibuka - Kompas.com

Pendaftaran Mudik Gratis dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Semarang Masih Dibuka

David Oliver Purba
Kompas.com - 20/06/2017, 04:43 WIB
Kompas.com/David Oliver Purba Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengadakan mudik gratis menuju ke Semarang, Senin (19/6/2017)

JAKARTA, KOMPAS.com- Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan masih membuka pendaftaran mudik gratis untuk pengendara sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara menuju Pelabuhan Emas, Semarang.

Salah satu anggota pelaksana kegiatan mudik M Alphano mengatakan, adapun pendaftaran mudik menuju Semarang masih dibuka untuk keberangkatan tanggal 22 Juni 2017.

Namun, untuk pemberangkatan tersebut hanya tersedia secara online dengan mendaftar melalui situs mudikgratis.dephub.co.id.

Baca: Jumlah Pemudik Melalui Pelabuhan Tanjung Priok Menurun

Sebelummya, pihak penyelenggara membuka pendaftaran secara online mulai tanggal 30 Mei hingga 13 Juni 2017.

"Diperpanjang karena masih ada kuota yang kosong. Sampai sekarang untuk keberangkatan tanggal 22 Juni," ujar Alphano saat ditemui Kompas.com di Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (19/6/2017).

Namun, kuota untuk tanggal keberangkatan tersebut hanya sebanyak 500 motor dan 650 penumpang yang diberangkatkan menggunakan kapal milik PT Atosim Lampung Pelayaran.

Adapun syarat pendaftaran, para pemudik wajib mengisi sejumlah persyaratan melalui website. Pemudik juga diwajibkan memiliki sepeda motor dengan dilengkapi surat izin mengemudi (SIM), STNK, motor tidak dimodifikasi, serta laik jalan.

Baca: Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus Diminati Pemudik

Sebelum masuk ke dalam kapal, petugas akan mengecek seluruh persyaratan itu. Setelah semua lengkap, pemudik bisa melalukan registrasi ulang.

"Nanti akan ada tim, orang masuk enggak bisa langsung masuk ke kapal. Akan kami screening dulu. Motornya layak enggak. Kalau misalnya lolos kelayakan fisik nanti mereka registrasi ulang," ujar Alphano.

Kompas TV Tahun 2017 Peminat Program Mudik Gratis Meningkat

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisDavid Oliver Purba
EditorDian Maharani
Komentar