Foto Ahok Dipasang di Balai Kota, Bersebelahan dengan Jokowi - Kompas.com

Foto Ahok Dipasang di Balai Kota, Bersebelahan dengan Jokowi

Jessi Carina
Kompas.com - 21/06/2017, 21:19 WIB
KOMPAS.com/JESSI CARINA Foto mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sudah terpasang di galeri mantan gubernur di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (21/6/2017).


JAKARTA, KOMPAS.com - Foto mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dipasang di ruang tamu, di samping ruang kerja Gubernur DKI Jakarta, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (21/6/2017).

Dalam foto tersebut, Ahok mengenakan seragam dinas warna putih dengan badge nama Basuki Tjahaja Purnama di atas saku kanan, dan id card di atas saku kiri.

Foto Ahok yang berlatar warna coklat itu terpasang rapi dengan bingkai berwarna emas di pojok kanan dinding.

Pada dinding itu, foto semua mantan gubernur DKI Jakarta terpasang rapi.

Foto Ahok kini berada di sana bersebelahan dengan foto Joko Widodo yang kini menjadi Presiden RI. Foto Jokowi dan Ahok berdampingan, sama-sama tampak tersenyum dan mengenakan seragam dinas putih.

(baca: Setelah Ahok Mengundurkan Diri...)


KOMPAS.com/JESSI CARINA Foto mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sudah terpasang di galeri mantan gubernur di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (21/6/2017).

(baca: Tak Ada Senyum di Wajah Djarot Saat Dilantik Mendagri Gantikan Ahok)

Ahok jadi gubernur

Ahok dilantik menjadi gubernur pada Jumat (14/11/2014). Ahok menggantikan posisi Jokowi yang terpilih menjadi Presiden RI pada Pilpres 2014.

Sebelum dilantik, sempat terjadi penolakan dari sebuah organisasi masyarakat dengan melakukan aksi unjuk rasa untuk menolak pengangkatan Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Meski demikian, Ahok akhirnya tetap dilantik. Setelah beberapa bulan menjabat, Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat ditunjuk menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Ahok dan Djarot menjabat lebih kurang 2 tahun. Setelah itu, Ahok-Djarot berpasangan pada Pilkada DKI 2017. Namun, Ahok dan Djarot gagal memenangkan pilkada.

Dalam waktu yang hampir bersamaan, Ahok terjerat kasus penodaan agama atas ucapannya di Kepulauan Seribu. Majelis hakim memvonis Ahok bersalah dan dihukum 2 tahun penjara.

Lalu Ahok memutuskan untuk tidak mengajukan banding dan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai gubernur. Ahok kini ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, dan akan segera dipindah ke lembaga pemasyarakatan.

Adapun Djarot dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta hingga Oktober 2017.

Kompas TV Ahok Mundur dari Gubernur DKI

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisJessi Carina
EditorIndra Akuntono
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM