Libur Lebaran, Rental Mobil Panen Untung - Kompas.com

Libur Lebaran, Rental Mobil Panen Untung

Haris Prahara
Kompas.com - 24/06/2017, 13:23 WIB
Flying Colours Ltd Ilutrasi kendaraan untuk mudik

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobilitas masyarakat meningkat pada libur Lebaran tahun ini. Transportasi yang nyaman menjadi kebutuhan warga untuk menunjang mobilitasnya. Dampaknya, omzet rental mobil pun terdongkrak.

Salah satu jasa rental mobil yang mengalami peningkatan order selama musim liburan ini adalah TRAC Astra Rent A Car.

Hingga pekan ini, total kendaraan tersewa mencapai 90 persen dari ketersediaan 1.000 unit. Dari jumlah tersebut, sebagian besar yang tersewa adalah mobil untuk segmen pribadi maupun keluarga.

Di luar libur Lebaran, penyewaan untuk segmen tersebut hanya berada di kisaran 20 persen.

"Namun, pada musim liburan ini, lonjakan untuk segmen personal itu meningkat hingga empat kali lipat dibandingkan hari biasa," ujar Chief Operating Officer TRAC Jacob Anthonius Margareta saat berbincang dengan Kompas.com, Rabu (21/6/2017).

Meskipun terjadi lonjakan permintaan saat musim liburan, TRAC tak menyiapkan secara khusus penambahan unit kendaraan. Sebab, lonjakan tersebut telah diprediksi jauh-jauh hari.

Jacob menuturkan, konsumen TRAC umumnya telah memesan sejak satu bulan sebelum hari H Lebaran.

"Biasanya tren pemesanan masih berlanjut hingga H-1. Itu disebabkan ada warga yang planning dadakan atau tiket pesawat yang diinginkan habis atau harganya terlalu tinggi," paparnya.

Kendaraan yang menjadi primadona masyarakat adalah jenis multi purpose vehicle (MPV). Untuk libur Lebaran kali ini, TRAC mengalokasikan tipe MPV hingga 95 persen dari total unit. Sedangkan sisanya, adalah tipe kelas atas (luxury).

Jacob mengklaim, meskipun jumlah pesanan melonjak, pihaknya tetap menetapkan harga sewa secara normal.

Sebagai contoh, ujar Jacob, untuk harga paket sewa kendaraan Avanza selama tujuh hari seharga Rp 3,8 juta. "Itu termasuk asuransi kendaraan serta penumpang, layanan kontak 24 jam, dan unit pengganti jika ada masalah," katanya.

Mobil TRAC paling laris di Jakarta dan Surabaya, sebagai titik awal penyewaan. Sementara itu, kota tujuan favorit antara lain Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Bali.

Tren peningkatan

Tingginya tingkat kebutuhan sewa kendaraan selama musim liburan juga dialami Givi Rent Car. Jasa sewa mobil yang berbasis di Tangerang Selatan itu ikut menanggok rezeki dari pemudik.

“Pada minggu pertama dan kedua Ramadhan, justru order sangat sepi. Mulai naik itu sejak minggu ketiga hingga puncaknya pada H-3 Lebaran,” ungkap Galih Gumilang, pemilik Givi Rent Car.

KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Kendaraan pemudik melintas di Tol Palimanan-Kanci, Cirebon, Jawa Tengah, Jumat (23/6/2017). Kondisi arus lalu lintas di Tol Palimanan-Kanci secara umum di seluruh jalur mudik terpantau ramai lancar.

Menurut Galih, pada awal Ramadhan biasanya masyarakat masih banyak menghabiskan waktu di rumah sehingga order sepi. Setelah itu, permintaan perlahan meningkat karena masyarakat mulai berbuka puasa di luar rumah bersama keluarga maupun teman.

Givi Rent Car menyediakan total 55 unit mobil untuk disewakan. Pada kondisi normal, jumlah kendaraan yang tersewa hanya sekitar 15-20 mobil.

Namun, jumlah tersebut melonjak hingga dua kali lipat saat libur Lebaran. “Pada sepekan sebelum hari H saja telah tersewa sekitar 40 unit mobil,” ungkap Galih.

Lebih lanjut ia mengatakan, selama Ramadhan tren penyewaaan mobil bergeser dari biasanya korporat menjadi penyewa pribadi atau keluarga.

“Mereka (pemudik) menyewa mobil saat hari raya agar mobilitas menjadi mudah saat di kampung halaman. Bisa bebas berwisata ke mana saja bersama keluarga,” imbuhnya.

Naiknya permintaan tentu saja mendongkrak keuntungan penyewaan mobil. Pada hari biasa, Givi Rent Car mematok harga sewa Rp 300.000- Rp 350.000 per mobil untuk satu hari.

Namun, saat musim liburan harganya dapat melonjak hampir dua kali lipat menjadi Rp 500.000- Rp 600.000 per mobil untuk sehari. Itu pun ada ketentuan bahwa konsumen diharuskan menyewa minimal 7 hari saat musim liburan ini.

“Usaha rental mobil ini, ya, masa panenya pas liburan Idul Fitri,” pungkas Galih seraya tertawa.

Ternyata, hari raya Lebaran memang menjadi berkah bagi banyak pihak, tak terkecuali jasa rental mobil…

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisHaris Prahara
EditorKurniasih Budi
Komentar

Close Ads X