Djarot Lantik Pejabat yang Dulu Dicopot Ahok karena Jujur - Kompas.com

Djarot Lantik Pejabat yang Dulu Dicopot Ahok karena Jujur

Nursita Sari
Kompas.com - 14/07/2017, 10:36 WIB
Mantan Kepala Inspektorat DKI Jakarta Lasro Marbun di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (3/7/2017). KOMPAS.com/JESSI CARINA Mantan Kepala Inspektorat DKI Jakarta Lasro Marbun di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (3/7/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menilai bahwa mantan Kepala Inspektorat DKI Jakarta Lasro Marbun adalah orang yang jujur. Namun, Lasro pernah memberikan kesaksian keliru dalam kasus pengadaan uninterruptible power supply (UPS) yang dulu bergulir.

Lasro pun dicopot dari jabatannya oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Namun, kini Djarot melantik Lasro menjadi staf Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).

"Kalo Pak Lasro Marbun itu dulu dicopot karena kesaksian dia yang ngawur waktu di kasus UPS. Dan ia itu sebetulnya, kalau saya pribadi lihat, orangnya itu lurus, jujur gitu ya," ujar Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (14/7/2017).

Djarot menuturkan, pemikiran Lasro dibutuhkan untuk mengawasi percepatan pembangunan. Sebab, Lasro memiliki pengalaman cukup lama di Inspektorat dan Dinas Pendidikan.

"Pemikirannya, tenaganya, masih kami butuhkan di TGUPP," kata dia.

Baca: Wajah Tanpa Senyum Lasro Marbun Usai Bertemu Ahok

Ika Lestari Aji di Balai Kota, Senin (25/1/2016), saat menjabat Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintahan DKI Jakarta.Kompas.com/Alsadad Rudi Ika Lestari Aji di Balai Kota, Senin (25/1/2016), saat menjabat Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintahan DKI Jakarta.
Selain Lasro, Djarot juga melantik mantan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman (dulu Dinas Perumahan dan Gedung Pemda) Ika Lestari Aji menjadi staf TGUPP. Ika juga pernah dicopot dari jabatannya oleh Ahok.

Djarot mengatakan, tenaga dan pemikiran Ika dibutuhkan untuk percepatan pemberdayaan di rumah susun.

"Bu Ika kami manfaatkan tenaganya, pikirannya, untuk masalah pemberdayaan percepatan di rusun karena dia lama di rusun," ucap Djarot.

Djarot menuturkan, Lasro dan Ika bukanlah eksekutor. Sebagai staf TGUPP, keduanya lebih banyak memberikan pemikiran-pemikiran mereka untuk mempercepat pembangunan.

Baca: Ini Nama-nama Pejabat DKI yang Dirotasi Djarot

Adapun Lasro pernah dicopot Ahok karena diduga memiliki kaitan dengan kasus pengadaan uninterruptible power supply (UPS) yang dulu bergulir. Ahok tidak ingin ada pejabat yang terlibat kasus anggaran siluman.

Ika Lestari Aji juga pernah distafkan oleh Ahok. Dulu Ika pernah dimarahi Ahok terkait pembelian lahan Cengkareng Barat. Anak buah Ika diduga bermain anggaran dalam pembelian lahan seluas 4,6 hektar itu.

PenulisNursita Sari
EditorFidel Ali
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM