Dinas Lingkungan Selidiki Berubahnya Warna Kali Bekasi Jadi Biru - Kompas.com

Dinas Lingkungan Selidiki Berubahnya Warna Kali Bekasi Jadi Biru

Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
Kompas.com - 17/07/2017, 23:34 WIB
Warna air Kali Bekasi di bawah jembatan Perumahan Kemang Pratama Kota Bekasi berubah warna, Senin (17/7/2017).KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Warna air Kali Bekasi di bawah jembatan Perumahan Kemang Pratama Kota Bekasi berubah warna, Senin (17/7/2017).

BEKASI, KOMPAS.com – Air di Kali Bekasi sejak Senin (17/7/2017) siang berubah warna menjadi bewarna hijau kebiruan. Warna Kali Bekasi yang berada tepat di bawah jembatan perumahan Kemang Pratama, Rawalumbu, Kota Bekasi, itu biasanya agak kecokelatan.

Saat dikonfimasi mengenai hal ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Lutfi mengatakan sedang melakukan penelusuran lebih lanjut.

“Sekarang lagi cek laboratorium dan sedang ditelusuri sumbernya apakah dari limbah pabrik atau bukan, kita belum tau penyebabnya,” ujar Jumhana.

Jumhana memastikan sudah melakukan pengecekan ke lapangan dan diketahui limbah tersebut bukan berasal dari Kota Bekasi. Ia menjelaskan kejadian seperti ini sudah keempat kalinya.

Jumhana mengatakan, aliran Kali Bekasi berasal dari Kabupaten Bogor hingga Kabupaten Bekasi. Sehingga akan dicari tahu terlebih dahulu baru akan diurus sesuai dengan wilayah administrasi limbah tersebut berasal.

Baca: Air Sungai Martapura Berubah Warna, Ribuan Ekor Ikan Mati

Jumhana menegaskan jika penyebab berubahnya warna Kali Bekasi disebabkan karena limbah, maka sangat disayangkan. Hal tersebut memberikan efek yang buruk, sehingga membuat sungai tercemar.

“Harusnya limbah diolah, enggak boleh limbah itu mengotori sungai, karena fungsinya banyak untuk kehidupan masyarakat. Saya sudah meminta Provinsi untuk bertindak menyelesaikan masalah ini,” kata Jumhana.

Pantauan Kompas.com, Kali Bekasi masih bewarna biru hingga Senin sore, sekitar pukul 15.30 WIB. Bahkan diakui warga sekitar, kejadian ini bukanlah untuk yang pertama kalinya.

“Air (Kali Bekasi) biru sudah ada sekitar dua bulan. Awalnya jarang-jarang. Sekarang bisa setiap hari, pagi (warna air) cokelat, siang jam 10-an biru lagi, nanti malam cokelat lagi, gitu aja,” ujar salah satu warga Pekayon, Hafidz (30) saat ditemui di sekitar jembatan perumahan Kemang Pratama, Kota Bekasi, Senin sore.

Ia mengatakan bahwa warga tidak mengetahui secara pasti mengenai penyebab dari berubahnya warna kali tersebut. Namun, kata Hafidz, perubahan warna itu menyebabkan semua ikan di kali itu mati. 

Baca: Warna Air di Danau Ini Berubah Jadi Pink, Ada Apa?

PenulisAnggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X