Djarot: Pembangunan Flyover dan Underpass di Jakarta Selesai 2017 - Kompas.com

Djarot: Pembangunan Flyover dan Underpass di Jakarta Selesai 2017

Nursita Sari
Kompas.com - 10/08/2017, 16:36 WIB
Gubernur DKI Jakart Djarot Saiful Hidayat memberikan pernyataan kepada sejumlah wartawan di Balai Kota.Kompas.com/Jessi Carina Gubernur DKI Jakart Djarot Saiful Hidayat memberikan pernyataan kepada sejumlah wartawan di Balai Kota.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, pembangunan flyover dan underpass di Jakarta akan selesai pada akhir 2017 ini. Namun, khusus untuk underpass di Matraman, Jakarta Timur, Djarot belum dapat memastikannya.

"Flyover dan underpass itu semuanya selesai tahun ini, kecuali satu kami lagi kejar yang di Matraman supaya bisa selesai tahun ini," ujar Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (10/8/2017).

Djarot menyadari bahwa kondisi lalu lintas di Jakarta saat ini masih macet. Kemacetan tersebut terjadi karena banyaknya pembangunan di Jakarta, baik infrastruktur jalan maupun proyek transportasi umum.

"Sekarang memang masih macet, saya sadar, karena kita pembangunan gede-gedean," kata dia.

Baca: Ini Titik Kemacetan Akibat Konstruksi Underpass dan Flyover di Jakarta

Adapun transportasi umum yang tengah dibangun yakni proyek mass rapid transit (MRT) dan light rail transit (LRT).

Menurut Djarot, pembangunan terowongan dan elevated MRT akan selesai pada 2018. Saat semua pembangunan proyek transportasi umum selesai, Pemprov DKI Jakarta akan mendorong masyarakat untuk menggunakan moda angkutan massal tersebut.

"Kami akan mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi publik dan melepaskan, meninggalkan, kendaraan pribadinya," ucap Djarot.

Baca: Djarot: Kemacetan Tadi karena Pembangunan Flyover dan Underpass

Kompas TV Kepadatan lalu lintas terus terjadi di perempatan Kuningan, Jakarta Selatan, selama pembangunan proyek "underpass" Mampang-Kuningan.

PenulisNursita Sari
EditorDian Maharani
Komentar