Pesan Gotong Royong dalam Megahnya Air Mancur Menari Monas Halaman 1 - Kompas.com

Pesan Gotong Royong dalam Megahnya Air Mancur Menari Monas

Nursita Sari
Kompas.com - 13/08/2017, 08:25 WIB
Air mancur menari atau Jakarta Monas Fountain di Monas, Sabtu (12/8/2017) malam.KOMPAS.com/NURSITA SARI Air mancur menari atau Jakarta Monas Fountain di Monas, Sabtu (12/8/2017) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabtu malam (12/8/2017), warga Jakarta dan sekitarnya menikmati kemegahan air mancur menari Monas atau air mancur pesona Monas.

Jakarta Monas Fountain itu menari ke kiri, kanan, berputar, naik, dan turun mengikuti alunan musik yang dimainkan dari magic piano.

Alat musik itu disebut magic piano karena dapat mengendalikan gerakan air mancur. Setiap not akan menghasilkan suatu gerakan spesifik air mancur.

Selain air mancur yang menari, sorotan sinar lampu beraneka warna menambah kemegahan air mancur menari.

Baca: Djarot Ingin Air Mancur Menari di Monas Jadi Wisata Malam Baru

Setelah diresmikan, selanjutnya gerakan air mancur menari dan lagu yang mengiringinya dikendalikan operator, bukan lagi oleh magic piano.

Dengan teknologi screenwater yang ditembak dengan menggunakan sinar laser, air mancur menari juga menampilkan video pelangi dan teks lagu yang mengiringi gerakannya.

Setelah terakhir kali beroperasi pada 2009, air mancur menari itu kembali diresmikan setelah rampung diperbaiki.

Peresmian ditandai dengan pemutaran video sambutan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat melalui screenwater dan penekanan sirine.

"Selamat menikmati Monas. Monas-ku, Monas-mu, Monas kita semua," kata Djarot melalui screenwater.

Warga pun antusias menyaksikan pertunjukkan air mancur tersebut. Lagu pertama yang dimainkan untuk mengiringi air mancur menari yakni lagu nasional Tanah Airku karya Ibu Sud.

Kemudian lagu Betawi Keroncong Kemayoran hingga lagu Sunda Manuk Dadali bergiliran tampil mengiringi gerakan air mancur.

Pertunjukkan air mancur menari makin semarak dengan tampilnya penyanyi Vidi Aldiano yang menyanyikan lagu Nuansa Bening.

Warga pun hanyut dalam alunan musik, gerakan air mancur menari, hingga bernyanyi bersama Vidi.

Tak hanya itu, Djarot dan sang istri, Happy Farida, pun turut menyumbangkan suara menyanyikan lagu Ke Monas dan Why Do You Love Me.

Baca: Kepala UPT Monas: Saya Sudah Capek Cari CSR untuk Air Mancur Menari

Pada Sabtu malam itu, area di sekeliling air mancur menari yang berada di sisi barat Monas, Jalan Titian Indah, antara Silang Monas Barat Daya dan Silang Monas Barat Laut, dipadati warga.

Air mancur menari Monas akan "beraksi" dua kali setiap Sabtu dan Minggu malam yakni pukul 19.30 dan 20.30 WIB.

Page:
PenulisNursita Sari
EditorErvan Hardoko
Komentar