Djarot Larang Pemotongan Hewan Kurban di Trotoar - Kompas.com

Djarot Larang Pemotongan Hewan Kurban di Trotoar

Jessi Carina
Kompas.com - 21/08/2017, 11:29 WIB
Gubernur DKI Jakart Djarot Saiful Hidayat memberikan pernyataan kepada sejumlah wartawan di Balai Kota.Kompas.com/Jessi Carina Gubernur DKI Jakart Djarot Saiful Hidayat memberikan pernyataan kepada sejumlah wartawan di Balai Kota.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat melarang pemotongan hewan kurban dilakukan di jalan dan di trotoar. Hal ini berbeda dengan aturan pemotongan hewan di sekolah-sekolah.

"Di sekolah asalkan untuk pengolahan limbahnya bagus kenapa tidak? yang tidak boleh itu di jalan dan di trotoar," ujar Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (21/8/2017).

Djarot mengatakan, dia masih menemukan kejadian semacam itu tahun lalu. Trotoar dilubangi dan dijadikan tempat untuk menyembelih hewan kurban. Padahal, fungsi trotoar bukan untuk itu.

"Jadi trotoar itu diambil batanya atasnya untuk menyembelih hewan kurban di pinggir jalan. Itu yang enggak boleh," ujar Djarot.

Baca: Djarot Izinkan Penyembelihan Hewan Kurban di Sekolah, asal...

Tidak hanya itu, Djarot juga melarang penjualan hewan kurban dilakukan di trotoar. Djarot menginstruksikan kepada para wali kota untuk memantau lingkungan mereka masing-masing.

"Para camat di lingkungan itu harus mensterilkan, mereka harus berikan alternatif jualannya di mana," kata Djarot.

Baca: Guyangan, Tradisi Unik Warga Bantul Menjelang Hari Kurban

Kompas TV Kenaikan harga hewan kurban terutama sapi di Pasar Patok, Lumajang, Jawa Timur, terjadi sejak sebulan terakhir.

 

PenulisJessi Carina
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM