Penghuni Rusun Muara Baru Kesulitan Bayar Sewa karena Terbebani Biaya Air Bersih - Kompas.com

Penghuni Rusun Muara Baru Kesulitan Bayar Sewa karena Terbebani Biaya Air Bersih

Ridwan Aji Pitoko
Kompas.com - 22/08/2017, 20:46 WIB
Pekerja membangun masjid dengan latar belakang Rusun Muara Baru di Jakarta, Jumat (4/8). Data Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta menyebutkan hingga Juni 2017 jumlah tunggakan sewa rusun di Jakarta mencapai Rp32 miliar. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc/17.ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A Pekerja membangun masjid dengan latar belakang Rusun Muara Baru di Jakarta, Jumat (4/8). Data Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta menyebutkan hingga Juni 2017 jumlah tunggakan sewa rusun di Jakarta mencapai Rp32 miliar. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc/17.


JAKARTA, KOMPAS.com -
Warga di rumah susun sederhana sewa ( Rusunawa) Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, mengeluhkan kualitas air di rusunawa tersebut.

Seorang penghuni, Susan (40), mengatakan bahwa air di Rusunawa Muara Baru tidak bersih dan bau.

"Ini karena airnya dari sulingan Waduk Pluit. Bau dan butek juga. Kalau bayar Rp 100.000 dari PAM sih enggak apa-apa, ini dari sulingan begitu," kata Susan, di Rusunawa Muara Baru, Selasa (22/8/2017).

(baca: "Saya Sudah Setor Sewa Rp 550.000, Kok Ditulis Menunggak 20 Bulan?")

Keluhan yang sama disampaikan Kokom (41), yang harus membeli air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Biaya yang harus dibayar untuk mendapatkan air bersih pun tidak tentu.

"Ya kadang buat mengisi sehari bisa sampai Rp 40.000-Rp 50.000," ujar Kokom.

Susan dan Kokom harus membayar sewa di Rusunawa Muara Baru sebesar Rp 200.000 per bulan.

Karena tingginya kebutuhan membayar air bersih, Susan kesulitan membayar sewa unit rusun dan terpaksa menunggak hingga delapan bulan, sedangkan Kokom menunggak selama satu tahun.

Kompas TV Tunggak Bayar Sewa, 105 Unit di Rusunawa Tambora Disegel

PenulisRidwan Aji Pitoko
EditorIndra Akuntono

Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM