Jembatan Pulau C-Dadap, Akses Darat Pertama ke Pulau Reklamasi - Kompas.com

Jembatan Pulau C-Dadap, Akses Darat Pertama ke Pulau Reklamasi

Andri Donnal Putera
Kompas.com - 06/09/2017, 11:41 WIB
Sejumlah tiang pancang nampak berdiri di Pantai Pasir Putih Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Selasa (5/9/2017). Rencananya, di tempat ini akan dibangun jembatan penghubung dari Dadap ke Pulau C hasil reklamasi di pantai utara Jakarta.KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Sejumlah tiang pancang nampak berdiri di Pantai Pasir Putih Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Selasa (5/9/2017). Rencananya, di tempat ini akan dibangun jembatan penghubung dari Dadap ke Pulau C hasil reklamasi di pantai utara Jakarta.

TANGERANG, KOMPAS.com - Jembatan penghubung antara kawasan Dadap, Kabupaten Tangerang dan Pulau C hasil reklamasi di Pantai Utara Jakarta segera dibangun.

Jembatan itu akan jadi akses darat pertama untuk menjangkau pulau reklamasi dari Pulau Jawa.

Berdasarkan isi nota kesepahaman antara Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, jembatan akan dibangun pada awal 2018.

Spesifikasi jembatan itu juga sudah ditentukan, yakni dengan panjang kurang lebih 900 meter hingga satu kilometer dan pondasi awal akan dibangun di Pantai Pasir Putih Dadap yang berbatasan langsung dengan laut.

Jarak antara Pasir Putih Dadap dan Pulau C tidak terlalu jauh jika dilihat dari ujung bekas lokalisasi Dadap Ceng In. 

(Baca juga: Alat Berat Beroperasi di Lokasi untuk Jembatan Pulau C-Dadap)

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang Slamet Budi Mulyanto menyampaikan, jembatan itu akan dibangun dengan tinggi sepuluh meter di atas permukaan laut.

Hal itu dilakukan agar kapal-kapal tetap bisa melintas di bawahnya, baik dari dan yang menuju ke Dadap.

"Jembatan akan dibangun dengan megah dan diharapkan bisa jadi ikon baru Kabupaten Tangerang," kata Slamet kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Keberadaan jembatan Pulau C-Dadap itu diharapkan bisa mengurangi beban volume kendaraan, terutama angkutan barang yang selama ini harus memutar dari kawasan pergudangan di Kosambi masuk ke tol dari Bandara Soekarno-Hatta.

(Baca juga: DKI Tunggu Pengembang Ajukan Izin Pembangunan Jembatan Pulau C-Dadap)

Di kawasan Dadap sendiri, tepatnya Jalan Raya Perancis, hampir setiap hari terlihat antrean kendaraan angkutan barang di sana yang mengarah ke sekitar bandara.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah juga sempat menyampaikan, nantinya warga di daerah sekitar Jakarta bisa menggunakan jalur alternatif dengan melintasi pulau reklamasi dari pesisir utara.

Hal itu dimungkinkan karena selain jembatan dari Pulau C-Dadap, juga akan dibangun jembatan penghubung Pulau G ke arah Bekasi maupun Karawang.

Pagi ini, pihak Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang akan mengecek lokasi pembangunan jembatan di Pantai Pasir Putih Dadap.

Pengecekan dilakukan karena ada info bahwa mulai terlihat pengerjaan fisik di sana, dengan sejumlah alat berat yang beroperasi dan keberadaan beberapa tiang pancang di sana.

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAndri Donnal Putera
EditorIcha Rastika
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM