Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor di Cipayung Sudah Pernah Terjadi Sebelumnya

Kompas.com - 06/09/2017, 15:49 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Bencana tanah longsor yang terjadi di RT 03/05, Kelurahan Pondok Jaya, Cipayung, Depok, pada Selasa (5/9/2017) sore kemarin, ternyata bukan yang pertama. Beberapa bulan lalu, peristiwa serupa terjadi di titik yang sama.

Seorang warga setempat, Maemunah, mengatakan peristiwa longsor sebelumnya terjadi pada bulan Mei. Seperti yang kemarin terjadi, peristiwa sebelumnya juga tidak menimbulkan korban jiwa.

"Sebelum puasa pokoknya pernah juga tuh," kata Maemunah saat ditemui Kompas.com, Rabu (6/9/2017).

Keterangan Maemunah dibenarkan Ketua RT setempat, Yayang Suryana. Ia mengatakan peristiwa sebelumnya tak separah yang terjadi Selasa kemarin.

Yayang menganggap, peristiwa sebelumnya pula yang membuat keluarga penghuni rumah yang terkena longsor sigap menyelamatkan diri pada peristiwa kemarin.

"Mungkin karena sudah punya firasat bakal terjadi longsor karena sebelum pergi, cuaca cukup gelap akan hujan, " kata Yayang.

Longsor di RT 03/05, Kelurahan Pondok Jaya terjadi setelah hujan deras mengguyur Depok dan sekitarnya Selasa sore kemarin. Longsor menyebabkan dua rumah rusak, yaitu milik  keluarga Yanto dan Hartono.

Keluarga Yanto, langsung menyelamatkan diri saat mendengar bunyi gemuruh sebelum longsor terjadi. Sedangkan keluarga Hartono sedang tidak berada di rumah saat peristiwa terjadi.

Pada Rabu siang, sejumlah warga setempat dan petugas dari Satgas Bimasda Kota Depok tampak bahu-membahu membersihkan longsoran tanah di kedua rumah. Lokasi dua rumah yang terkena longsor berada di pinggir tebing yang curam.

Posisi rumah juga lebih rendah dari jalan gang. Longsoran tanah tak sampai menutupi seluruh bangunan rumah, longsoran hanya mengenai bagian teras. Peristiwa itu juga menyebabkan sebagian jalan gang yang hanya bisa dilalui sepeda motor rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com