Pemprov DKI Jakarta Bersiap Hadapi Musim Hujan - Kompas.com

Pemprov DKI Jakarta Bersiap Hadapi Musim Hujan

Jessi Carina
Kompas.com - 12/09/2017, 11:29 WIB
Sejumlah warga mencari sampah berupa besi saat pekerja mengeruk lumpur menggunakan ekskavator di Kanal Banjir Barat (KBB) sungai Ciliwung di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (11/9/2017). Pengerukan lumpur dilakukan untuk memperlancar aliran air sungai serta mengantisipasi datangnya musim hujan yang mengakibatkan banjir yang kerap terjadi di Jakarta.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Sejumlah warga mencari sampah berupa besi saat pekerja mengeruk lumpur menggunakan ekskavator di Kanal Banjir Barat (KBB) sungai Ciliwung di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (11/9/2017). Pengerukan lumpur dilakukan untuk memperlancar aliran air sungai serta mengantisipasi datangnya musim hujan yang mengakibatkan banjir yang kerap terjadi di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat sudah memberikan berbagai instruksi kepada anak buahnya untuk bersiap menghadapi musim hujan. Pohon-pohon dan saluran air agar kembali diperiksa.

"Pertama kita cek pohon yang membahayakan, dipangkas dulu, yang kedua cek saluran-saluram air supaya tidak ada yang tersumbat," kata Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (12/9/2017).

Djarot memperkirakan, hujan akan sering turun sejak Oktober dan November. Karena itu, persiapannya harus dilakukan mulai sekarang.

Sejumlah anak-anak mencari sampah berupa besi saat pekerja mengeruk lumpur menggunakan ekskavator di Kanal Banjir Barat (KBB) sungai Ciliwung di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (11/9/2017). Pengerukan lumpur dilakukan untuk memperlancar aliran air sungai serta mengantisipasi datangnya musim hujan yang mengakibatkan banjir yang kerap terjadi di Jakarta.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Sejumlah anak-anak mencari sampah berupa besi saat pekerja mengeruk lumpur menggunakan ekskavator di Kanal Banjir Barat (KBB) sungai Ciliwung di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (11/9/2017). Pengerukan lumpur dilakukan untuk memperlancar aliran air sungai serta mengantisipasi datangnya musim hujan yang mengakibatkan banjir yang kerap terjadi di Jakarta.
Djarot meminta pekerja proyek pembangunan memperhatikan proyek mereka selama musim hujan.

Baca juga: Puncak Musim Hujan Segera Datang, Djarot Keberatan Disuruh Cuti Lagi

"Terutama di Rasuna Said misalnya, dengan membongkar batas jalur lambat dan jalur cepat, dibawahnya kan ada saluran air. Itu juga harus dijaga," ujar Djarot.

Pembangunan trotoar di sejumlah titik juga harus diperhatikan. Jangan sampai pembangunannya membuat saluran air tersumbat dan akhirnya mengakibatkan banjir.

PenulisJessi Carina
EditorEgidius Patnistik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM