Djarot Sebut Pelatihan Siswa SMA Jadi Polisi Bisa Cegah Praktik KKN - Kompas.com

Djarot Sebut Pelatihan Siswa SMA Jadi Polisi Bisa Cegah Praktik KKN

Nursita Sari
Kompas.com - 13/09/2017, 13:26 WIB
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (11/9/2017).KOMPAS.com/NURSITA SARI Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (11/9/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, pelatihan siswa-siswi SMA sederajat untuk menjadi polisi yang dimulai sejak dini bisa memotong praktik-praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Sebab, setiap siswa SMA di Jakarta nantinya sudah memiliki bekal menjadi polisi.

"Karena tiba bisa ujug-ujug, instan, harus dari sejak dini, ini akan memotong praktik-praktik yang tidak baik, misal kolusi, dipotong karena dipersiapkan betul," ujar Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (13/9/2017).

Djarot menuturkan, setiap anak Jakarta memiliki hak yang sama untuk menjadi polisi. Siapa pun boleh menjadi polisi, tanpa harus melakukan KKN. Dengan adanya pelatihan itulah mereka dapat bersaing.

"Siapa pun boleh menjadi polisi, tidak ada diskriminasi, laki-laki perempuan boleh toh, akpol juga menerima perempuan, agama, suku apa pun boleh," kata dia.

 Baca: Lulusan SMA Kepulauan Seribu Akan Dilatih Ikut Seleksi Calon Polisi

Pelatihan tersebut juga merupakan wujud peran Pemprov DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya untuk membantu mewujudkan cita-cita anak-anak Jakarta menjadi polisi.

"Kami persiapkan sejak dia duduk di SMA supaya anak-anak punya cita-cita, harapan, dan pemerintah aktif untuk mengawal dan mewujudkan cita-cita tersebut," ucap Djarot.

Anak-anak yang bercita-cita menjadi polisi itu nanti akan dikumpulkan untuk dilatih oleh Polda Metro Jaya.

Pelatihan diharapkan bisa membantu anak-anak tersebut lolos saat mengikuti seleksi masuk anggota polisi di polres jajaran Polda Metro Jaya.

Baca: Pemprov Akan Beri Pelatihan Bahasa Inggris ke Warga Kepulauan Seribu

Untuk merealisasikan pelatihan tersebut, Pemprov DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya menandatangani kesepakatan bersama tentang pembinaan terhadap calon peserta penerimaan anggota polisi di polres jajaran Polda Metro Jaya wilayah Pemprov DKI Jakarta.

PenulisNursita Sari
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM