Djarot: Jika Pasal Kontribusi Tambahan Hilang, Saya Duga Ada Permainan - Kompas.com

Djarot: Jika Pasal Kontribusi Tambahan Hilang, Saya Duga Ada Permainan

Jessi Carina
Kompas.com - 14/09/2017, 12:22 WIB
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat melayani sesi wawancara dengan wartawan di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (14/9/2017). KOMPAS.com/JESSI CARINA Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat melayani sesi wawancara dengan wartawan di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (14/9/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta DPRD DKI memasukan pasal kontribusi tambahan 15 persen dalam raperda terkait reklamasi. Jika sampai dihilangkan, Djarot menduga ada permainan oleh oknum tertentu.

"Kalau sampai pasal itu dihilangkan, kami tidak bertanggung jawab dan saya menduga ada permainan di situ," kata Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (14/9/2017).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memperoleh keuntungan besar jika aturan kontribusi tambahan itu ditetapkan. Keuntungan itu bisa digunakan untuk membangun fasilitas publik.

Sebelum pembahasan raperda itu dihentikan, komunikasi antara Pemprov DKI dan DPRD DKI memang sempat alot terkait satu pasal tersebut. Pemprov DKI ingin memasukan pasal itu ke dalam raperda sedangkan DPRD DKI meminta agar pasal itu masuk dalam pergub.

Lihat juga: Pengembang Mau Beri Kontribusi Tambahan 15 Persen, Kenapa DPRD Enggak?

Selain itu, DPRD DKI juga menilai kontribusi tambahan sebesar 15 persen terlalu besar bagi pengembang. Dengan pengalaman itu, Djarot menegaskan sejak awal bahwa pasal kontribusi tambahan harus masuk dalam perda.

"Ada apa DPRD kemudian ini masuk ke pergub? Kalau pergub itu lemah karena pergub itu bisa langsung di PTUN kalau ada yang tidak puas. Bisa gugur ya. Padahal ini semata-mata untuk kepentingan rakyat," kata Djarot.

Baca juga: Lulung Tak Mau Loloskan Kontribusi Tambahan 15 Persen

Kompas TV Luhut mengaku perlu bicara dengan Anies -Sandi untuk membatalkan niatnya yang berencana menghentikan proyek reklamasi.

PenulisJessi Carina
EditorEgidius Patnistik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM