Buaya hingga Ular Ditemukan di Dalam Koper Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta - Kompas.com

Buaya hingga Ular Ditemukan di Dalam Koper Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta

Andri Donnal Putera
Kompas.com - 14/09/2017, 19:22 WIB
Sejumlah binatang hasil sitaan ditunjukkan saat rilis terkait kasus penyelundupan satwa di Gedung Balai Instalasi Karantina Hewan dan Tumbuhan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (14/9/2017). Sebanyak 65 ekor Kura-kura, 9 ekor Ular, 5 ekor Biawak, 10 ekor Buaya, 4 ekor Musang dan 8 ekor Lintah diamankan pihak karantina hewan saat penyelundupan melalui terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.  KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Sejumlah binatang hasil sitaan ditunjukkan saat rilis terkait kasus penyelundupan satwa di Gedung Balai Instalasi Karantina Hewan dan Tumbuhan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (14/9/2017). Sebanyak 65 ekor Kura-kura, 9 ekor Ular, 5 ekor Biawak, 10 ekor Buaya, 4 ekor Musang dan 8 ekor Lintah diamankan pihak karantina hewan saat penyelundupan melalui terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

TANGERANG, KOMPAS.com - Sekumpulan hewan yang diselundupkan di dalam empat koper berukuran besar diamankan petugas setelah melewati pemeriksaan mesin x-ray di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (13/9/2017) kemarin.

Keempat koper milik warga negara Arab Saudi berinisial AA itu belakangan diketahui memuat sejumlah hewan yang dilindungi.

"Di gate keberangkatan, petugas Aviation Security mencurigai koper yang dibawa oleh AA. Saat diperiksa, ternyata ada sejumlah hewan di dalamnya yang terbungkus plastik," kata Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Bandara Soekarno-Hatta, Eliza Suryati Roesli, melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Kamis (14/9/2017).

Eliza menjelaskan, di dalam empat koper yang dimaksud, tercatat ada 65 ekor kura-kura, sembilan ekor ular, lima ekor biawak, sepuluh ekor buaya, empat ekor musang, dan delapan ekor lintah.

Dari semua hewan di dalam koper tersebut, dua ekor kura-kura dan tiga ekor musang didapati dalam kondisi mati.

Adapun dari hewan yang hendak diselundupkan itu, terdapat beberapa hewan yang dilindungi, yaitu sembilan ekor kura-kura moncong babi, delapan ekor buaya muara, dan dua ekor buaya sinyulong.

Pihaknya masih memeriksa pemilik koper tersebut, termasuk menggali keterangan mengenai tujuan dia membawa hewan tersebut dan dari mana saja asal hewan-hewan itu.

PenulisAndri Donnal Putera
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM