Tim ICOMOS Periksa Kelayakan Kota Tua Jakarta Jadi "World Heritage" - Kompas.com

Tim ICOMOS Periksa Kelayakan Kota Tua Jakarta Jadi "World Heritage"

Jessi Carina
Kompas.com - 16/09/2017, 18:24 WIB
Pengunjung Kota Tua Jakarta sedang menaiki sepeda onthel di pelataran Museum Fatahillah, Jakarta, Selasa (23/6/2015).KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo Pengunjung Kota Tua Jakarta sedang menaiki sepeda onthel di pelataran Museum Fatahillah, Jakarta, Selasa (23/6/2015).

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta sedang mempersiapkan diri menyambut kedatangan tim penilai International Council on Monuments and Sites (ICOMOS) yang akan datang ke Jakarta, Minggu (17/9/2017).

Mereka akan melihat kawasan Kota Tua untuk diusulkan sebagai world heritage atau warisan dunia.

"Tim penilai ICOMOS dari Paris besok datang untuk menilai kemungkinan Kota Tua diusulkan menjadi salah satu kandidat world heritage," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Tinia Budiati kepada Kompas.com, Sabtu (16/9/2017).

Selama beberapa hari, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta akan menemani tim ini meninjau kawasan Kota Tua.

Baca: Mencoba Urai Kesemrawutan Kota Tua di Malam Hari

Tinia akan melakukan presentasi untuk menjelaskan rencana pengembangan Kota Tua ke depan. Tidak hanya itu, tim tersebut juga akan diajak ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu.

"Karena kawasan Kota Tua itu sebenarnya termasuk Kepulauan Seribu," kata dia.

Tinia berharap tim ini tertarik menjadikan kawasan Kota Tua sebagai salah satu kandidat world heritage. Jika terpilih, bukan tidak mungkin kawasan Kota Tua juga akan menjadi warisan dunia.

"Sama seperti Tembok Cina misalnya," kata Tinia.

PenulisJessi Carina
EditorErvan Hardoko
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM