Setelah "Penyerbuan" Pengunjung di Matahari Pasaraya Blok M... - Kompas.com

Setelah "Penyerbuan" Pengunjung di Matahari Pasaraya Blok M...

Alsadad Rudi
Kompas.com - 17/09/2017, 08:04 WIB
Beragam papan diskon terpampang pada gerai toko Matahari di Pasaraya Blok M, Sabtu (16/9/2017).Kompas.com / Dani Prabowo Beragam papan diskon terpampang pada gerai toko Matahari di Pasaraya Blok M, Sabtu (16/9/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengunjung gerai Matahari di Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan terpantau membeludak pada Sabtu (16/9/2017). Barang-barang yang sebelumnya tertata rapi, terlihat berantakan karena "penyerbuan" pengunjung itu.

Terpantau banyak barang-barang yang tadinya tersimpan rapi di rak ataupun keranjang jadi berserakan di lantai. Bisa dibayangkan betapa pegawai gerai itu harus dengan teliti membereskannya.

Dari foto yang beredar di media sosial, kardus-kardus sepatu tampak berserakan tak beraturan. Saat membereskannya, tentu diperlukan ketelitian. Sepatu harus disatukan dengan pasangannya, jangan sampai berbeda nomor.

Belum lagi meneliti tidak ada barang yang hilang. Mereka harus mengecek barang-barang yang ada sebelum toko dibuka dan membandingkannya dengan hasil data penjualan di kasir.

Menanggapi itu, salah seorang pengawas dari kantor pusat Matahari, Derry, mengatakan, pihaknya akan mengecek seluruh barang-barang di gerai Matahari Pasaraya Blok M saat gerai sudah ditutup selepas pukul 21.00.

"Dicek per item aja pas closing-an," ujar dia saat ditemui Kompas.com di sela-sela melayani pengunjung.

Baca: Diskon Besar, Banyak Barang di Matahari Pasaraya Blok M Habis Terjual

Mengenai kemungkinan adanya pengunjung yang membawa kabur barang tanpa membayar, Derry menyebut seluruh barang yang dijual dilengkapi security tag yang hanya bisa dilepas oleh kasir. Jika security tag tak dilepas, maka alarm di pintu keluar mal akan berbunyi.

"Tergantung sistem keamanan mal sininya juga sih. Biasanya sih ada security tag yang bunyi. Harusnya sih ada," ujar Derry.

Membeludaknya pengunjung gerai Matahari Pasaraya Blok M merupakan imbas dari adanya rencana penutupan gerai tersebut mulai 1 Oktober 2017. Selain di Blok M, Matahari juga berencana menutup gerainya yang ada di Pasaraya Manggarai.

Baca: Pengunjung Membludak, Matahari Pasaraya Blok M Berantakan

Corporate Secretary dan Legal Director PT Matahari Department Store Tbk Miranti Hadisusilo menjelaskan, dua gerai milik Matahari di Pasaraya Blok M dan Manggarai ditutup akibat pusat perbelanjaan tersebut sepi pengunjung sehingga penjualan tidak sesuai target. Matahari Pasaraya Blok M Akan Tutup, Para Pemburu Diskon Pun Datang

"Karena mal yang sepi sehingga mengakibatkan kinerja kedua gerai tersebut tidak sesuai dengan target manajemen," kata dia kepada Kompas.com, Jumat (15/9/2017).

Kendati demikian, Miranti menegaskan, pihaknya hingga akhir tahun ini masih tetap melakukan ekspansi bisnis dengan membuka gerai baru.

"Matahari tetap akan melakukan ekspansi dengan membuka 1 sampai 3 gerai lagi sampai akhir tahun, satu di Jawa, dua di luar Jawa," ujar dia.

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAlsadad Rudi
EditorAna Shofiana Syatiri

Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM