Api Menyembur dari Tabung Gas 3 Kg di Pademangan, 8 Orang Terluka - Kompas.com

Api Menyembur dari Tabung Gas 3 Kg di Pademangan, 8 Orang Terluka

Ridwan Aji Pitoko
Kompas.com - 27/09/2017, 18:54 WIB
Ledakan tabung gasjitet Ledakan tabung gas

JAKARTA, KOMPAS.com - Sambaran api akibat kebocoran tabung gas ukuran tiga kilogram terjadi di permukiman padat penduduk di Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (27/9/2017).

Sedikitnya delapan orang mengalami luka bakar akibat insiden yang terjadi di Jalan Budi Mulya RT 12/12, Pademangan itu.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Dwiyono menerangkan kronologi ledakan yang terjadi sekitar pukul 10.00 WIB tersebut.

"Ketika seorang warga bernama Dadun (56) yang berprofesi sebagai tukang siomay membeli gas 3 kilogram dan ingin memasangnya pada regulator, diketahui bahwa tabung gas bocor," kata Dwiyono dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca: Melihat Aksi Petugas Damkar Atasi Tabung Gas Meledak Hanya dengan Jari

Setelah mengetahui tabung gas tersebut bocor, Dadun dengan seketika melepas regulator dan merendam tabung gas ke dalam ember berisi air.

"Setelah tabung gas dimasukkan ke dalam ember berisi air tiba-tiba timbul api yang tidak diketahui darimana datangnya," tambah Dwiyono.

"Sambaran api itu langsung mengenai sejumlah orang yang tengah berada di luar rumah hingga radius 50 meter dari TKP,"" dia menegaskan.

Adapun yang menjadi korban adalah Sutiah (45), Winarsih (44), Dadun, Kadur (30), Wasmid (30), Suryono (47), Asep Mulyadi (22), dan Arsyad (2).

"Para korban kemudian dibawa ke RSUD Pademangan untuk pertolongan pertama, tetapi karena kurangnya fasilitas beberapa korban seperti Sutiah, Winarsih, Dadun, Kadur, Wasmid, dan Arsyad dirujuk ke RSUD Koja. Sedangkan Suryono dan Asep tetap ditangani di RSUD Pademangan," tutup Dwiyono.

Baca: Tabung Gas Meledak di Depan Gedung SD, Sejumlah Murid Luka-luka

PenulisRidwan Aji Pitoko
EditorErvan Hardoko
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM