Kadis Kesehatan: Menurut Ketua MUI Imunisasi MR Memang Halal - Kompas.com

Kadis Kesehatan: Menurut Ketua MUI Imunisasi MR Memang Halal

Jessi Carina
Kompas.com - 04/10/2017, 17:22 WIB
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto menyambangi Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres untuk melakukan pengecekan terkait kesesuaian keterangan yang telah disampaikan pihak rumah sakit, Selasa (12/9/2017).Kompas.com/Sherly Puspita Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto menyambangi Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres untuk melakukan pengecekan terkait kesesuaian keterangan yang telah disampaikan pihak rumah sakit, Selasa (12/9/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto mengatakan bahwa vaksin yang digunakan dalam imunisasi measles rubella (MR) halal. Kata Koesmedi, hal ini sudah dipastikan oleh lembaga Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Jadi saya sudah ketemu Ketua MUI, saya minta keterangan dari beliau, menurut beliau itu memang halal," kata Koesmedi di Puskesmas Kecamatan Kramatjati, Rabu (4/10/2017).

Saat ini, Dinas Kesehatan DKI Jakarta sedang menunggu MUI mengeluarkan surat. Surat keterangan halal itu diharapkan bisa meyakinkan orangtua untuk mau membawa anaknya imunisasi MR.

"Suratnya sampai sekarang masih diproses," kata Koesmedi.

Masalah kehalalan imunisasi MR menjadi penyebab beberapa orangtua menolak membawa anaknya untuk imunisasi.

Baca: Dorong Imunisasi MR, Dinkes DKI Akan Datangi Apartemen hingga Mal

Selain orangtua yang menolak, banyak anak di Jakarta belum diimunisasi MR karena sudah tidak lagi tinggal di Jakarta dan banyak kawasan elite dan sekolah internasional yang sulit ditembus.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan, ada 2.446.569 anak di Jakarta yang harus diimunisasi MR untuk memutus transmisi penularan penyakit campak dan rubella.

Hingga 3 Oktober, anak yang sudah diimunisasi pada periode Agustus-September 2017 sebanyak 2.241.233 anak atau mencapai 91,61 persen.

Baca: Cegah Cacat Bawaan akibat Rubela dengan Imunisasi MR

Kompas TV Imunisasi aman dan bermanfaat mencegah wabah penyakit berat, cacat, dan kematian.

PenulisJessi Carina
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM