Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang KRL dari Cikarang Barat Bingung Tak Lewat Stasiun Manggarai

Kompas.com - 09/10/2017, 17:14 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com – Kehadiran KRL lintas Cikarang menjadi kabar yang menyenangkan untuk warga di sekitar sana. Namun, ada beberapa hal yang masih dikeluhkan pengguna yang berasal dari kawasan Cikarang dan Bekasi Timur.

Salah seorang pengguna KRL yang naik dari Cikarang Utama, Eka Putri (25), mengatakan, fasilitas dan informasi di Stasiun Cikarang masih minim. Hal itu membuatnya bingung.

Ketika bertanya kepada petugas setempat, dia tidak bisa menjawab pertanyaannya.

"Jadwal keretanya juga enggak sesuai dengan yang di aplikasi info KRL. Sampai ternyata kereta yang saya naikin tadi itu enggak lewat manggarai,” kata Eka kepada Kompas.com, Senin (9/10/2017)..

Eka mengatakan, dia menduga KRL lintas Cikarang yang ditumpanginya melintas Stasiun Manggarai. Ternyata, kereta yang ditumpanginya malah ke Pasar Senen.

Baca: Warga Berharap Jarak Kedatangan KRL Jakarta-Cikarang Dipercepat

Sehingga, kata dia, banyak pengguna yang harus berlari untuk berpindah kereta di Stasiun Bekasi dan Stasiun Jatinegara.

“Tadi saya naik dari (stasiun) Cikarang dan akhirnya turun di (stasiun) Pasar Senen, karena transit yang ke (stasiun) Tanah Abang. Untuk perjalanan kereta memakan waktu yang lama,” keluh Eka.

Senada dengan Eka, Tri Marliani (24), pengguna KRL dari Bekasi Timur, juga mengaku menunggu KRL lebih lama di Stasiun Bekasi Timur.

Baca: Penumpang KRL Lintas Cikarang Capai 23.000 di Hari Pertama Beroperasi

“Sebenarnya secara garis besar enak sih ada KRL di Stasiun Bekasi Timur, karena selama ini selalu naik atau turun di Stasiun Bekasi. Jadi lebih deket (dari rumah), cuma emang jadi lebih lama nunggu keretanya karena keretanya dateng dari Cikarang,” kata Tri.

Mengenai kondisi Stasiun Bekasi Timur, Tri menilai cukup bagus, bersih, dan dilengkapi dengan lift. Dia hanya mengeluhkan kondisi peron.

“Cuma peronnya aja, saya merasa jarak peron dengan rel kereta terlalu dekat. Jadi kalau kereta cepat lewat, getarannya berasa banget, agak seram buat anak kecil. Untung petugasnya selalu stand by untuk ingetin penumpang biar jalannya enggak terlalu dipinggir peron,” kata Tri.

Menanggapi keluhan pengguna KRL di Cikarang Barat, VP Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Eva Chairunisa, mengatakan, memang ada empat perjalanan KRL lintas Cikarang tidak melalui Stasiun Manggarai. Hal tersebut untuk memberikan pilihan kepada pengguna.

Baca: 8 Oktober 2017, KRL Jakarta-Cikarang Mulai Beroperasi

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com