Melihat Ruangan Bekas Ahok yang Segera Diisi Anies Baswedan - Kompas.com

Melihat Ruangan Bekas Ahok yang Segera Diisi Anies Baswedan

Jessi Carina
Kompas.com - 13/10/2017, 13:29 WIB
Ruang kerja mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang akan segera dihuni Anies BaswedanKOMPAS.com/JESSI CARINA Ruang kerja mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang akan segera dihuni Anies Baswedan

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang kerja mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kini memiliki suasana yang sedikit berbeda. Tidak ada lagi meja bundar besar yang diletakkan tepat di pintu masuknya.

Dulu, meja tersebut digunakan untuk tempat para staf Ahok (sapaan Basuki) mengerjakan tugas-tugas mereka.

"Sekarang diganti jadi meja biasa dan sofa," ujar salah seorang pamdal, Sumarna, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (13/10/2017).

Sebuah televisi masih tersedia di dekat sofa itu. Meja yang biasa digunakan Ahok pun sudah kosong melompong.

Baca: Begini Gambaran Ruang Tahanan Ahok di Mako Brimob

Dulu, di atas meja itu penuh dengan berkas disposisi yang harus ditandatangani. Air putih, roti isi, dan buah-buahan juga selalu tersedia di meja itu. Di samping meja, terdapat sebuah rak yang penuh foto dan plakat.

Seiring dengan kepergian penghuninya, area meja dan rak itu juga kosong. Di meja hanya tersisa beberapa sambungan telepon.

Baca: Mengintip Kebiasaan Unik Ahok dalam Tur Wisata Warisan Ahok

Kursi hitam khas yang biasanya diduduki warga yang berfoto dengan Ahok juga masih ada di sana. Pose warga yang duduk di kursi gubernur dengan Ahok yang berada di belakangnya menjadi pose khas yang dilakukan banyak orang.

Di sebelah kiri meja, terdapat sebuah kolam yang dulunya diisi ikan koi. Saat senggang, biasanya Ahok melihat ikan tersebut di sela-sela pekerjaan.

Baca: Serunya Menelusuri Wisata Warisan Ahok di Jakarta

Jumat siang ini, beberapa orang petugas terlihat sedang mengamplas bagian pintu menuju kolam. Ada juga yang sedang merapikan bagian ruangan makan. Semua persiapan itu dilakukan karena ruangan ini akan segera diisi penghuni lagi.

Penghuninya adalah gubernur baru Anies Baswedan yang akan segera dilantik dalam waktu beberapa hari ke depan. Kepala Biro Umum DKI Jakarta Firmansyah mengatakan tidak ada permintaan khusus dari Anies terkait dekorasi ruangannya.

Baca: Foto Ahok Dipasang di Balai Kota, Bersebelahan dengan Jokowi

"Kalau ganti meubel dan sebagainya itu urusan nanti. Istilahnya beliau masuk dulu, nanti tinggal menyesuaikan. Jadi saat ini tidak ada pesanan khusus," kata Firman.

Kompas TV Karangan Bunga untuk Ahok-Djarot Datang Lagi

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisJessi Carina
EditorAna Shofiana Syatiri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM