Di Mal Pelayanan Publik, Polda Metro Tak Layani Pembuatan SIM Baru - Kompas.com

Di Mal Pelayanan Publik, Polda Metro Tak Layani Pembuatan SIM Baru

Sherly Puspita
Kompas.com - 13/10/2017, 15:22 WIB
Pelayanan pembuatan SKCK Polda Metro Jaya di Mal Pelayanan Publik, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2017).Kompas.com/Sherly Puspita Pelayanan pembuatan SKCK Polda Metro Jaya di Mal Pelayanan Publik, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya membuka stan layanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mal Pelayanan Publik yang baru saja diresmikan gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat pada Kamis (12/10/2017) kemarin.

Stan tersebut terletak di lantai tiga gedung yang terletak di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan ini.

"Di stan ini kami hanya membuka layanan perpanjangan SIM saja. Untuk pembuatan SIM tidak bisa," ujar petugas di stan pembuatan SIM Polda Metro Jaya, Brigadir David Gilbert saat ditemui Kompas.com, Jumat (13/10/2017).

Ia mengatakan, di stan tersebut pelayanan perpanjangan SIM juga hanya dikhususkan untuk SIM A (kendaraan roda empat) dan SIM C (kendaraan roda dua) saja.

"Pemohon perpanjangan SIM tinggal membawa SIM lama dan elektronik KTP saja, 5-10 menit jadi. Foto di sini, rekam sidik jari juga dinsini," kata dia.

Baca: Mal Pelayanan Publik Tak Hanya di Jakarta

Di stan ini pun disediakan layanan pemeriksaan kesehatan yang menjadi salah satu syarat memperpanjang SIM.

"Nanti akan dicek ketajaman pandangan mata, lalu tes buta warna dan sebagainya," ujar dokter Ami yang melayani pemeriksaan kesehatan.

Baca:Hari Kerja Warga Sibuk, Mal Pelayanan Publik Diminta Buka Hari Sabtu

Pembayaran cek kesehatan ini hanya dapat dilakukan melalui rekening Bank BRI. "Kami hanya melayani debet Bank BRI saja. Kalau mau cash juga bisa. Biayanya Rp 25.000," ujar petugas bank BRI, Nindi.

Mal Pelayanan Publik sendiri merupakan hasil kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Baca: Melihat Mal Pelayanan Publik yang Akan Diresmikan Jokowi

Tentunya juga bekerja sama dengan unit pelayanan publik lain di Jakarta baik tingkat pusat, daerah, BUMN, BUMD, dan juga swasta. Dengan adanya mal ini, beragam perizinan yang dikeluarkan pemerintah pusat dan Pemprov DKI bisa diurus di satu tempat.

Kompas TV Warga Jakarta kini makin mudah mengakses kebutuhan pelayanan publik.

PenulisSherly Puspita
EditorAna Shofiana Syatiri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM