Anies Sebut Banjir di Cipete yang Makan Korban karena Sungai Tak Dikeruk - Kompas.com

Anies Sebut Banjir di Cipete yang Makan Korban karena Sungai Tak Dikeruk

Nursita Sari
Kompas.com - 20/10/2017, 10:33 WIB
Anies Baswedan bertemu keluarga Ridwan, warga yang tewas ketika banjir di Cipete Utara, Jakarta Selatan, Kamis (19/10/2017).Dok. Istimewa Anies Baswedan bertemu keluarga Ridwan, warga yang tewas ketika banjir di Cipete Utara, Jakarta Selatan, Kamis (19/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, banjir di Cipete Utara, Jakarta Selatan, pada Kamis (19/10/2017) malam, terjadi karena sungai yang tidak dikeruk sejak lama. Anies mendapatkan informasi tersebut dari RT dan RW setempat.

"Kemarin saya sudah lihat ternyata perkaranya adalah sungai yang tempat aliran air di kampung itu sudah lama belum dikeruk," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (20/10/2017).

Anies memerintahkan jajarannya untuk segera mengeruk sungai di sana. Pengerukan diharapkan membuat air tak lagi meluap.

"Jadi saya akan minta untuk segera dikeruk supaya aliran airnya lancar," kata dia.

Baca: Warga Cipete Utara Tewas Saat Banjir, Diduga Jatuh

Banjir di Cipete Utara itu menyebabkan seorang warga bernama Ridwan (30) meninggal dunia. Anies melayat ke rumah duka pada Kamis malam.

Anies menyebut, setelah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kebayoran, Ridwan tak bisa langsung dibawa pulang ke rumah karena masih banjir. Dia disemayamkan terlebih dahulu di salah satu musala.

Baca: Anies Melayat ke Rumah Warga yang Tewas Saat Banjir di Cipete

"Jadi malam itu juga saya langsung takziah ke sana. Saya ke sana ketemu dengan keluarganya. Kebetulan sudah yatim piatu, ayah ibu sudah tidak ada," ucap Anies.

Ridwan ditemukan tewas di rumahnya saat banjir. Lurah Cipete Utara, Johan mengatakan, Ridwan diduga terjatuh dan terbentur saat banjir masuk ke rumahnya.

Johan menceritakan, awalnya petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Cipete Utara sore itu tengah membantu evakuasi warga dan menangani banjir.

Di lokasi, warga melaporkan kondisi Ridwan yang tak sadarkan diri. Petugas pun melarikannya ke RSUD Kebayoran Baru. Namun, nyawa Ridwan tak tertolong.

Kompas TV Satu orang tewas di Cipete akibat terjatuh ketika memindahkan barang di rumahnya yang kebanjiran.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisNursita Sari
EditorAna Shofiana Syatiri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM