Menegok Kampung Tiga Dimensi di Depok - Kompas.com

Menegok Kampung Tiga Dimensi di Depok

Akhdi Martin Pratama
Kompas.com - 26/10/2017, 08:20 WIB
Warga saat berfoto di atas lukisan tiga dimensi di Jalan Danau Tondano Raya, Depok, Rabu (25/10/2017).Kompas.com/Akhdi Martin Pratama Warga saat berfoto di atas lukisan tiga dimensi di Jalan Danau Tondano Raya, Depok, Rabu (25/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebulan terakhir Jalan Danau Tondano Raya, Sukmajaya, Depok mendadak ramai dikunjungi warga akhir-akhir ini. Warga ke sana jalan kompleks perumahan itu untuk berswafoto.

Ruas jalan tersebut beda dengan jalan-jalan yang lainnya. Di atas aspal berbahan hotmix itu tergambar lukisan tiga dimensi. Lukisan-lukisan tersebut berwarna-warni sehingga menarik perhatian para pejalan kaki yang menyusuri jalan sepanjang 1 kilometer itu.

Ruas jalan yang lebarnya sekitar 5 meter dihiasi 7 lukisan tiga dimensi, diantaranya bergambar ikan hiu, perahu, kubik hingga permadani.

Karya seni itu dibuat tangan-tangan terampil para pemuda yang tergabung dalam karang taruna RW 05 Sukmajaya, Depok. Mereka bahu-membahu menjadikan jalanan gang permukiman itu bernilai artistik.

Pada Rabu (25/10/2017) siang kemarin Kompas.com berkunjung ke ruas jalan yang kini tengah hangat dibicarakan di media sosial. Di bawah terik matahari yang menyengat, jalan itu  tetap ramai dikunjungi warga yang ingin berswafoto.

Lukisan tiga dimensi di Jalan Danau Tondano Raya, DepokKompas.com/Akhdi Martin Pratama Lukisan tiga dimensi di Jalan Danau Tondano Raya, Depok
Tak ada batasan usia, orang tua dan anak kecil, asik berpose di atas jalanan itu. Mereka rata-rata mengabadikan pose di atas lukisan tiga dimensi tersebut dengan menggunakan kamera telepon seluler.

Seorang pengurus RT 03/05 Sukmajaya, Depok, Jefri Adam, mengatakan lukisan tersebut sudah dikerjakan sejak akhir September 2017. Para pemuda karang taruna di sana tiap malamnya bergantian menggarap lukisan-lukisan itu.

"Biasanya dikerjainnya mulai pukul 22.00 sampe jam 04.00 WIB pagi. Soalnya anak mudanya kalau siang kan punya aktivitas masing-masing," kata Jefri.

Ia menuturkan, warga menggalang dana untuk membiayai proses pembuatan lukisan. Mulanya, lukisan dibuat agar para pengendara sepeda motor yang melintasi di jalan tersebut tidak kebut-kebutan.

"Kemarin kan ini jalanannya baru diaspal, kami takut orang yang bawa motor ngeliat aspal mulus jadi kebut-kebutan. Makanya kami kasih gambar ini biar para pengendara enggak ngebut karena liat gambar tiga dimensi ini," kata Jefri.

Jefri menceritakan, para pemuda karang taruna RW 05 tak ada satupun yang berprofesi sebagai seniman. Mereka membuat lukisan tiga dimensi karena terinspirasi foto dan video yang beredar luas di dunia maya.

"Mereka belajarnya dari Google dan YouTube. Awalnya coba-coba, ternyata bagus makanya dilanjutin," ucap dia.

Seorang warga Jalan Danau Tondano, Ujang, mengatakan bangga dengan kreativitas pemuda lingkungannya. Ia tak menyangka, akibat keisengan para pemuda yang ingin menyalurkan kreativitasnya itu bisa menarik perhatian warga Depok.

"Yang ke sini bukan orang Depok saja. Kemarin ada orang Surabaya dan Lampung yang lagi main ke Depok nyempetin buat mampir ke sini buat foto," kata Ujang.

Warga lainnya, Abddurahman, menambahkan, Pemerintah Kota Depok mengapresiasi kreativitas para pemuda itu. Wali Kota Depok, Mohammad Idris, sudah datang ke lokasi itu.

Lukisan tiga dimensi berbentuk karpet di Jalan Danau Tondano Raya, DepokKompas.com/Akhdi Martin Pratama Lukisan tiga dimensi berbentuk karpet di Jalan Danau Tondano Raya, Depok
"Kemarin Pak Wali Kota datang ke sini. Dia sangat mendukung karya seni ini. Dia juga sempet foto-foto di atas lukisan," ucap dia.

Abdurrahman berharap, pemerintah memberikan dukungan penuh. Sebab, kegiatan para pemuda ini sangat positif.

"Katanya mau dijadiin kampung wisata di Depok, enggak tahu deh benar apa enggak," kata Abddurahman.

Lukisan tiga dimensi di Jalan Danau Tondano Raya, DepokKompas.com/Akhdi Martin Pratama Lukisan tiga dimensi di Jalan Danau Tondano Raya, Depok

PenulisAkhdi Martin Pratama
EditorEgidius Patnistik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM