Anies Ingin Anak Sekolah Kuasai Minimal Tiga Bahasa - Kompas.com

Anies Ingin Anak Sekolah Kuasai Minimal Tiga Bahasa

Alsadad Rudi
Kompas.com - 30/10/2017, 10:38 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama istri, Fery Farhati, tiba di Lapangan IRTI, Monas, Jakarta Pusat, untuk mengikuti upacara peringatan sumpah pemuda, Senin (30/10/2017) pagi. Anies dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno disambut anak-anak yang memakai pakaian adat.KOMPAS.com/NURSITA SARI Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama istri, Fery Farhati, tiba di Lapangan IRTI, Monas, Jakarta Pusat, untuk mengikuti upacara peringatan sumpah pemuda, Senin (30/10/2017) pagi. Anies dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno disambut anak-anak yang memakai pakaian adat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai anak sekolah perlu menguasai minimal tiga bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan salah satu bahasa daerah.

Saat ini, kata Anies, belum semua sekolah memasukan bahasa daerah sebagai mata pelajaran. Padahal, ia menganggap Bahasa Daerah juga tak kalah penting untuk dikuasai.

"Idealnya tiga. Dengan begitu bahasa daerahnya berkembang, bahasa nasional terjaga sebagai pereket, bahasa intrnasional untuk menyampaikan informasi gagasan di kancah global," ujar Anies.

Ia menyampaikannya saat ditemui usai Upacara Hari Sumpah Pemuda di Lapangan IRTI Monas, Senin (30/10/2017).

Pada kesempatan itu, Anies menyatakan Indonesia memiliki ratusan bahasa daerah yang perlu terus dilestarikan. Caranya tentu saja dengan memasukannya dalam kurikulum pendidikan.

"Di masa depan saya bayangkan anak kita mudah-mudahan menguasai tiga bahasa. Satu bahasa daerah, kemudian bahasa Indonesia kemudian bahasa internasional. Kita perlu ketiga-tiganya," ujar dia.

Kompas TV Selain bertemu Presiden Jokowi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya Sandiaga Uno juga menemui BJ Habibie.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAlsadad Rudi
EditorAna Shofiana Syatiri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM