DKI Bisa Tarik Izin Perpanjangan Usaha, jika... - Kompas.com

DKI Bisa Tarik Izin Perpanjangan Usaha, jika...

Kontributor Jakarta, David Oliver Purba
Kompas.com - 01/11/2017, 19:32 WIB
Suasana lantai tujuh di Hotel dan Griya Pijat Alexis, Jakarta, Selasa (31/10/2017). Per Selasa, 31 Oktober ini, griya pijat di lantai 7 Alexis ditutup menyusul keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menolak permohonan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) Alexis.ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Suasana lantai tujuh di Hotel dan Griya Pijat Alexis, Jakarta, Selasa (31/10/2017). Per Selasa, 31 Oktober ini, griya pijat di lantai 7 Alexis ditutup menyusul keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menolak permohonan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) Alexis.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP) Jakarta Utara Lamhot Tambunan mengatakan, pemerintah dapat mencabut kembali perpanjangan izin usaha yang telah dikeluarkan. Hal ini, kata Lamhot, dilakukan jika pihak pengawas atau satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang membawahi bidang usaha tersebut menemukan indikasi pelanggaran.

Misalnya, Dinas Pariwisata DKI Jakarta menemukan adanya pelanggaran di sebuah tempat hiburan yang tidak sesuai dengan izin usaha yang diajukan. Meski PTSP telah mengeluarkan izin perpanjangan usaha, izin tersebut bisa saja dianulir.

"Bila ada izin yang tidak sesuai, lebih tepatnya SKPD memberikan klarifikasi ke kami. Kami klarifikasi atau bahkan dianulir (perpanjangan izin usahanya)," ujar Lamhot saat ditemui Kompas.com, di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Rabu (1/11/2017).

Baca juga : Kepala PTSP Jakut: Penutupan Alexis Hal yang Biasa Terjadi

Foto Hotel  Alexis tampak depan yang ditampilkan melalui Google Street Maps.GOOGLE Foto Hotel Alexis tampak depan yang ditampilkan melalui Google Street Maps.
Lamhot mengatakan, aturan ini berbeda dengan aturan sebelumnya. Pada aturan yang lama, Dinas PTSP yang mengeluarkan izin usaha dan melakukan pengawasan. Sedangkan dalam aturan baru, pengawasan langsung dilakukan oleh dinas terkait yang membawahi izin usaha yang diajukan. Hal inilah yang membuat Dinas PTSP kerap berkomunikasi dengan SKPD lain setiap mengeluarkan izin usaha.

Lamhot mencontohkan, pemberhentian izin usaha Hotel dan Griya Pijat Alexis merupakan bentuk pengawasan Dinas Pariwisata DKI Jakarta. SKPD tersebut menemukan dugaan pelanggaran pada hotel dan griya pijat yang berlokasi di Pademangan, Jakarta Utara itu.

"Jadi fokusnya (penutupan Alexis) itu ke PTSP, sebenarnya enggak (tidak hanya PTSP). Itu (penutupan Alexis) sudah melalui penilaian yang sangat dalam, lebih tepatnya proses pengawasan di lapangan di Dinas Pariwisata," ujar Lamhot.

Kompas TV Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menolak perpanjangan izin usaha Hotel dan Griya Pijat Alexis.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Jakarta, David Oliver Purba
EditorKurnia Sari Aziza
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM