Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies: Yang Dimaksud Uang Halal Itu yang Sesuai Aturan

Kompas.com - 03/11/2017, 19:35 WIB
Jessi Carina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan apa yang dia maksud dengan uang halal dalam pemasukan untuk kas daerah. Menurut Anies, uang yang halal adalah yang diperoleh dengan tidak melanggar aturan yang berlaku.

"Yang dimaksud halal itu yang sesuai dengan aturan," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (3/11/2017).

Anies menyebut uang halal ketika ditanya soal pendapatan yang hilang akibat penutupan Hotel dan Griya Pijat Alexis di Jakarta Utara beberapa hari lalu. Ketika itu, Anies mengatakan dia tidak ingin pendapatan diterima dari uang haram. Anies ditanya apakah pendapatan dari Alexis haram karena dugaan bisnis prostitusi di dalamnya. Dia bilang itu karena Alexis melanggar aturan.

"Semua yang sifatnya melanggar itu harus ditindak, jadi ini bukan soal uangnya, statusnya apa, kalau pelanggaran dia ditindak. Bahwa dia memberikan manfaat pendapatan dan lain lain itu nomor dua," ujar Anies.

Baca juga : Pajak Alexis Rp 30 M Per Tahun, Anies Bilang Kami Ingin Uang Halal

Dia tidak ingin pendapatan daerah dijadikan alasan pemerintah membiarkan pelanggaran terjadi. Apalagi, kata dia, pendapatan Alexis juga tidak signifikan dibandingkan pemasukan dari sektor lainnya.

"Kalau itu melanggar peraturan maka itu harus ditindak dan dengan sendirinya uangnya tidak kita terima," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com