Anies Wacanakan Pemegang KJP Gratis Masuk Museum di Jakarta - Kompas.com

Anies Wacanakan Pemegang KJP Gratis Masuk Museum di Jakarta

Nursita Sari
Kompas.com - 09/11/2017, 10:00 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (9/11/2017).KOMPAS.com/NURSITA SARI Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (9/11/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewacanakan warga pemegang Kartu Jakarta Pintar ( KJP) bisa masuk ke museum-museum di Jakarta secara gratis. Harapannya, warga bisa mengunjungi banyak museum.

"Jadi, jangan hanya tertuju pada satu tujuan, kalau enggak salah jumlahnya 142 (museum) di Jakarta. Nah itu yang nanti kita akan rumuskan," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (9/11/2017).

Tak hanya pemegang KJP, Anies juga mewacanakan warga umum bisa masuk museum secara gratis. Program ini bertujuan untuk mengajak lebih banyak warga berkunjung ke museum-museum di Jakarta.

"Bukan hanya (pemegang) KJP, tapi juga warga yang akan kita rumuskan," kata dia.

Baca juga : Sepanjang November, Pameran Jalur Rempah Digelar di Museum Nasional

Namun, wacana gratisnya masuk museum harus diatur dalam waktu yang berbeda. Pengaturan itu dilakukan dengan melakukan cluster berdasarkan wilayah, usia, hingga jenjang pendidikan.

Jika tak diatur, Anies khawatir pengunjung justru akan membludak. Akibatnya, pengelola akan sulit mengatur dan pengunjung pun tak akan nyaman berwisata di museum.

"Jadi, tempat-tempat itu pun masih tetap nyaman didatangi meskipun ada label gratis karena kalau ada label gratis dan tidak ada pengaturan, langsung penuhnya luar biasa, akhirnya enggak ada kenyamanan.

Baca juga : Rumah Djoko Susilo yang Disita KPK Bakal Jadi Museum Batik

PenulisNursita Sari
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM