Menagih Janji Anies-Sandi untuk Kepulauan Seribu Halaman 1 - Kompas.com

Menagih Janji Anies-Sandi untuk Kepulauan Seribu

Nibras Nada Nailufar
Kompas.com - 13/11/2017, 08:45 WIB
Bupati Kepulauan Seribu Irmansyah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan istrinya Ferry Farhati dalam perayaan hari ulang tahun Kabupaten Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka, Sabtu (11/11/2017).KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Bupati Kepulauan Seribu Irmansyah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan istrinya Ferry Farhati dalam perayaan hari ulang tahun Kabupaten Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka, Sabtu (11/11/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memberi harapan kepada warga Kepulauan Seribu pada perayaan ulang tahun ke-16 kabupaten itu, Sabtu (11/11/2017). Dalam kedatangannya itu, Anies menjanjikan perbaikan akan muncul pada tahun-tahun mendatang.

Setahun sebelumnya, tepatnya pada 9 November 2016, Anies pertama kali menyampaikan janji-janjinya kepada warga Kepulauan Seribu ketika masih menjadi calon gubernur. Ia menyayangkan Kepualauan Seribu yang merupakan bagian dari Jakarta masih tertinggal dibandingka dengan pelosok lain.

Anies memaparkan, pada bidang kesehatan, hanya ada satu apoteker dan dua dokter gigi di sana. Jumlah bidan berkurang lebih dari 50 persen pada 2015. Rumah sakit pun hanya ada satu. Itu pun rumah sakit dengan kapasitas 17 tempat tidur.

Anies-Sandi saat itu berjanji meningkatkan kapasitas rumah sakit dengan memperbanyak jumlah tempat tidur menjadi 150 unit dalam waktu satu tahun. Ia juga menjanjikan menambah jumlah dokter gigi dan apoteker serta menyediakan 10 ambulans apung.

Di bidang pendidikan, berdasarkan Data Pokok Pendidikan Tahun 2014/2015, angka partisipasi murni (APM) untuk SMA sederajat di Kepulauan Seribu hanya 34,99 persen. Sementara itu, untuk kualitas tenaga pengajarnya, nilai uji kompetensi guru (UKG) Kepulauan Seribu 55,76 persen atau berada di bawah rata-rata nasional (56,69 persen).

Janji dalam pendidikan, Anies-Sandi mendirikan SMK pariwisata dan SMK kelautan unggulan. Mereka juga akan akan menyiapkan pusat-pusat belajar masyarakat melalui program kejar paket C dan program kursus keterampilan.

Baca juga: 10 Dermaga di Kepulauan Seribu Akan Dibuatkan Rancangan Induk

Kesejahteraan dan kemandirian Kepulauan Seribu, kata Anies, akan dihadirkan dengan membangun resor kelas dunia yang dikelola Pemprov DKI Jakarta.

Janji-janji ini tak lagi dibeberkannya di hadapan warga pada Sabtu lalu.

Warga menagih janji Anies, terutama di pelayanan dasar, seperti pendidikan, infrastruktur, kesehatan, dan transportasi. Hal yang mereka minta antara lain beasiswa untuk bersekolah dan kuliah di Ibu Kota, sistem pengolahan air bersih, perahu untuk mobilitas warga, hingga peningkatan telekomunikasi.

Terhadap penagihan dan permintaan itu, Anies hanya mengatakan tak akan banyak berjanji lagi. Ia tak mau dianggap hanya memberikan angin surga kepada warga. Prinsipnya, kata Anies, ia ingin warga Kepulauan Seribu bisa berkata, "Untung saya tinggal di Kepulauan Seribu."

Page:
PenulisNibras Nada Nailufar
EditorEgidius Patnistik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM