Perhimpunan Alumni Kanisius Sayangkan Aksi "Walk Out" Ananda Sukarlan - Kompas.com

Perhimpunan Alumni Kanisius Sayangkan Aksi "Walk Out" Ananda Sukarlan

Kontributor Jakarta, David Oliver Purba
Kompas.com - 14/11/2017, 11:58 WIB
Ananda Sukarlan (48) pada peluncuran CD berjudul Love & Variations di The Grand Signature, Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat,   Minggu (19/3/2017).KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWAN Ananda Sukarlan (48) pada peluncuran CD berjudul Love & Variations di The Grand Signature, Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (19/3/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com — Perhimpunan Alumni Kolese Kanisius menyayangkan aksi walk out yang dilakukan komposer yang juga alumnus Kanisius, Ananda Sukarlan, saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpidato di acara peringatan 90 tahun berdirinya Kolese Kanisius di JIExpo Kemayoran, Sabtu (11/11/2017).

Perwakilan Perhimpunan Alumni Kolese Kanisius, Affann Alamudi, mengatakan, pihaknya menghormati Ananda yang memiliki perbedaan pandangan terhadap Anies. Namun, tindakan walk out saat kedatangan Anies tersebut dirasa kurang tepat.

"Sangat disayangkan. Kami sangat menjunjung tinggi hak mengeluarkan pendapat dan demokrasi karena itu pendidikan di Kanisius, tetapi momennya yang kurang tepat," ujar Affann saat ditemui Kompas.com di Kolese Kanisius, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2017).

Affan mengatakan, lazimnya sebagai seorang alumnus Kanisius yang telah mendapatkan nilai-nilai ajaran Kanisius, penghormatan terhadap tamu yang datang wajib dilakukan. Apalagi, terhadap Anies yang merupakan pemimpin di DKI Jakarta yang telah terpilih secara demokrasi.

Baca juga: Walk Out Saat Anies Pidato, Twitter Ananda Sukarlan Ramai Disapa Netizen

Affan menyatakan bahwa tindakan yang dilakukan Ananda tidak mewakili sekolah ataupun alumnus Kanisius lain. Affan juga menbantah bahwa selain Ananda, ada ratusan alumnus lain yang walk out saat Anies sedang berpidato.

"Mas Ananda mengeluarkan rilis tidak ada kaitannya apa pun dengan sekolah, angkatannya sendiri, dan perhimpunan alumni. Kalau beliau memiliki kritikan, ya, kami hargai," ujar Affan.

Baca juga: Ananda Sukarlan Kritik Panitia yang Undang Tokoh Tak Sesuai Ajaran Kanisius

"Saya baca beberapa ratus orang walk out itu tidak benar, ya. Ada tautan video yang menunjukan tidak ada tindakan masif," ujar Affan.

Ananda Sukarlan walk out saat Anies Baswedan tengah berpidato pada peringatan 90 tahun berdirinya Kolese Kanisius. Tindakan itu dilakukan Ananda karena menilai sosok Anies yang hadir tidak mencerimkan sikap yang diajarkan Kanisius, khususnya masalah perbedaan.

Baca juga: Ananda Sukarlan Akui "Walk Out" Saat Gubernur Anies Pidato

Ditemui di Balai Kota, Anies Baswedan tidak mempermasalahkan sikap Ananda.

"Jadi, saya akan menyapa semua, mengayomi semua. Kalau kemudian ada reaksi negatif, ya, itu bonus saja buat saya. Enggak ada sesuatu, biasa saja, rileks," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (13/11/2017).

Baca juga: Gubernur Anies Tak Tahu Ananda Sukarlan "Walk Out"

Kompas TV Apakah pernyataan itu sudah disiapkan atau improvisasi sang gubernur?

PenulisKontributor Jakarta, David Oliver Purba
EditorAna Shofiana Syatiri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM