Wisatawan Asal China Paling Banyak Kunjungi Museum di Jakarta - Kompas.com

Wisatawan Asal China Paling Banyak Kunjungi Museum di Jakarta

Iwan Supriyatna
Kompas.com - 14/11/2017, 17:17 WIB
Kepala Unit Pengelola Museum Kesejarahan Jakarta Pemprov DKI, Sri Kusmawati saat menghadiri Jakarta Museum on Social Media Competition.IWAN SUPRIYATNA/KOMPAS.com Kepala Unit Pengelola Museum Kesejarahan Jakarta Pemprov DKI, Sri Kusmawati saat menghadiri Jakarta Museum on Social Media Competition.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan mancanegara asal China tercatat, setiap hari mengunjungi museum-museum di Jakarta. Kepala Unit Pengelola Museum Kesejarahan Jakarta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Sri Kusmawati mengatakan, empat museum yang dikunjungi wisatawan asal China adalah Museum Sejarah Jakarta alias Museum Fatahillah, Museum Taman Prasasti, Museum Joeang, dan Museum MH Thamrin.

"Wisatawan asing itu sekitar 50 sampai 200 orang setiap harinya berkunjung ke museum. Paling banyak itu (wisatawan) dari China," kata Sri di Gedung Joang 45, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2017).

Ia mengaku senang, kunjungan wisatawan mancanegara itu membuat pemasukan ke kas daerah semakin besar.

"(wisatawan asal) RRC (Republik Rakyat China) itu menyumbang besar juga ke pariwisata kita," ujar Sri.

Baca juga : Kids Zaman Now di Jakarta Dinilai Lebih Suka ke Museum di Bandung

Kemenpar mengundang 7 media China ke Bali untuk mempromosikan Wonderful Indonesia, meningkatkan kunjungan wisman dari China sekaligus meyakinkan bahwa Bali aman untuk kunjungan wisatawan China.ARSIP KEMENPAR Kemenpar mengundang 7 media China ke Bali untuk mempromosikan Wonderful Indonesia, meningkatkan kunjungan wisman dari China sekaligus meyakinkan bahwa Bali aman untuk kunjungan wisatawan China.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada Maret 2017 mencapai 1,02 juta pengunjung, naik 11,64 persen dibandingkan Maret 2016.

BPS mencatatkan kalau jumlah wisatawan mancanegara paling banyak masih berasal dari China sebesar 14,54 persen atau 140.975 wisatawan.

Baca juga : Museum Fatahillah Beri Kontribusi Terbesar ke Kas Daerah

Secara kumulatif (Januari-Maret) 2017 jumlah wisatawan mancanegara mencapai 3,01 juta kunjungan atau naik 15,07 persen dibandingkan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama pada tahun sebelumnya yang berjumlah 2,62 juta kunjungan.

Kompas TV Program tidak berlaku setiap hari tetapi satu hari dalam satu bulan.

PenulisIwan Supriyatna
EditorKurnia Sari Aziza
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM