"Flyover" Pondok Kopi, Area Rawan Pelanggaran Lalu Lintas - Kompas.com

"Flyover" Pondok Kopi, Area Rawan Pelanggaran Lalu Lintas

Stanly Ravel
Kompas.com - 14/11/2017, 17:42 WIB
Operasi Zebra di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (14/11/2017).stanly Operasi Zebra di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (14/11/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski Operasi Zebra telah usai, bukan berarti penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas akan selesai. Kasat Lantas Jakarta Timur AKBP Sutimin, mengatakan instansinya membentuk empat satuan tugas (satgas) khusus untuk menekan pelanggaran dan angka kecelakaan lalu lintas.

"Ada pre-emptive untuk untuk edukasi dan penyuluhan, preventif untuk penjagaan di titik kemacetan, represif untuk penegakan hukum, dan satgas hunting untuk kondisi situasional," ucap AKBP Sutimin, Selasa (14/11/2017).

Menurut Sutimin, di wilayah Jakarta Timur banyak pelanggaran kasat mata yang terjadi. Karena itu tidak sedikit jumlah kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi.

"Artinya saat sedang ada petugas tidak ada pelanggaran, tapi saat ditinggal banyak kekacauan seperti melawan arus. Contohnya seperti di flyover Pondok Kopi, di situ area yang rawan ( pelanggaran lalu lintas)," ujar Sutimin.

Baca : "Saya Tinggal di Dekat Sini, Masa Ditilang Juga?"

Satgas hunting, lanjut dia, akan mencari titik atau lokasi yang sering terjadi kecelakaan fatal akibat pelanggaran kasat mata, seperti melawan arus dan sebagainya.

Kasat Lantas Jakart Timur Sutiminstanly Kasat Lantas Jakart Timur Sutimin

Meski demikian, kata dia, polisi juga gencar melakukan tindakan edukasi dan penyuluhan ke sekolah-sekolah dengan tujuan memberi pengetahuan lalu lintas pada anak usia dini.

"Kami aktif, paling tidak mereka bisa menegur orang tua atau saudaranya saat berkendara tidak sesuai aturan. Mulai soal rambu, kelengkapan berkendara, sampai surat-surat, kita berikan mereka edukasi sejak dini," ucap Sutimin.

Kompas TV Aksi nekat pengendara demi terhindar operasi polisi juga terjadi di lajur Transjakarta.

PenulisStanly Ravel
EditorKurnia Sari Aziza
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM