"Kids Zaman Now" Diminta Cintai Sejarah Melalui Museum - Kompas.com

"Kids Zaman Now" Diminta Cintai Sejarah Melalui Museum

Iwan Supriyatna
Kompas.com - 14/11/2017, 20:06 WIB
Pengunjung melihat lukisan dalam pameran bertajuk ART TURNS. WORLD TURNS. di Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN), Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (4/11/2017). Pameran ini menampilkan 90 karya seni dari 800 koleksi Haryanto Adikoesomo mulai dari seni rupa modern Indonesia hingga seni modern dan kontemporer dari seluruh dunia. Pameran terbuka untuk umum pada 4 November 2017 hingga 18 Maret 2018.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pengunjung melihat lukisan dalam pameran bertajuk ART TURNS. WORLD TURNS. di Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN), Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (4/11/2017). Pameran ini menampilkan 90 karya seni dari 800 koleksi Haryanto Adikoesomo mulai dari seni rupa modern Indonesia hingga seni modern dan kontemporer dari seluruh dunia. Pameran terbuka untuk umum pada 4 November 2017 hingga 18 Maret 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Bidang Destinasi dan Penasaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Hari Wibowo mengatakan, remaja di Jakarta lebih gemar mendatangi museum-museum yang ada di Bandung Jawa Barat ketimbang museum-museum yang ada di Jakarta.

"Iya, kids Jakarta zaman now lebih suka ke museum yang ada di Bandung ketimbang museum yang ada di Jakarta, anak saya pun demikian," kata Hari, di Gedung Joang 45, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2017).

Menanggapi hal itu, salah seorang pegiat dan pelaku media sosial, Managing Director Gushcloud Indonesia, Oddie Randa menyayangkan hal tersebut.

"Kids zaman now jangan sekali-kali meninggalkan sejarah. Sejarah itu membentuk kondisi suatu negara atau kota saat ini," ucap Oddie.

Baca juga : Kids Zaman Now di Jakarta Dinilai Lebih Suka ke Museum di Bandung

Menurut Oddie, masing-masing daerah memiliki keunikannya masing-masing. Seharusnya, generasi millenials bisa mengembangkan potensi wisata dalam hal ini wisata museum di daerahnya masing-masing.

"Kami ingin kids zaman now menyukai dan memahami sejarah daerahnya masing-masing," tuturnya.

Oddie menambahkan, dengan generasi penerus yang menyukai dan memahami sejarah kotanya masing-masing, maka akan semakin memajukan kondisi museum-museum yang memiliki nilai sejarah tinggi dengan cara memanfaatkan dan merawatnya.

"Cintailah museum-museum peninggalan para pejuang, dengan begitu kita juga menunjukan pernghargaan untuk orang-orang terdahulu," pungkas Oddie.

PenulisIwan Supriyatna
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM