Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinas KUMKMP Cek PKL yang "Makan" Jalur Disabilitas di Rawamangun

Kompas.com - 29/11/2017, 17:00 WIB
Stanly Ravel

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan DKI Jakarta Irwandi akan mengecek pedagang kaki lima (PKL) yang ada di seberang Terminal Rawamangun, Jakarta Timur. Berdasarkan pantauan Kompas.com, Senin (27/11/2017), para PKL yang berdagang di seberang terminal mendirikan bangunan permanen di atas trotoar. Parahnya lagi, PKL menutupi guiding block atau jalur penyandang disabilitas berwarna kuning.

"Kami akan cek dulu, nanti akan ada orang yang periksa ke sana," ucap Irwandi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (29/11/2017).

Irwandi akan mengutus petugas ke lokasi dan melakukan koordinasi guna memastikan apakah bangunan PKL tersebut sah atau tidak. Setelah itu, mereka baru dapat memutuskan tindakan.

"Kami tidak bisa langsung ambil tindakan. Prosesnya kami pastikan dulu itu loksem (lokasi sementara) atau bukan," ujar Irwandi.

Baca juga : Jalan Pemandu Disabilitas Seberang Terminal Rawamangun Diduduki PKL

"Bila memang bukan loksem, terpaksa mereka akan kami dorong dan pindahkan. Kita lihat nanti hasil pengecekannya yah," kata Irwandi.

Sebelumnya, Kompas.com mencoba menghubungi Dinas Bina Marga terkait PKL yang mengokupasi trotoar di Rawamangun. Hanya saja, permasalahan ini disebut wewenang Dinas KUMKMP DKI.

Kompas TV Ombudsman RI membeberkan video dugaan pungutan liar yang dilakukan petugas Satpol PP kepada pedagang kaki lima di 7 wilyah di Kota Jakarta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com