Disdik DKI Sebut Semua Guru PAUD Bernaung di Himpaudi - Kompas.com

Disdik DKI Sebut Semua Guru PAUD Bernaung di Himpaudi

Nursita Sari
Kompas.com - 03/12/2017, 13:22 WIB
Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sopan Adrianto  di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (21/8/2017).KOMPAS.com/NURSITA SARI Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sopan Adrianto di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (21/8/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sopan Adrianto mengatakan, semua guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di DKI bernaung di bawah Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia ( Himpaudi). Menurut Sopan, Himpaudi satu-satunya organisasi yang menaungi guru-guru PAUD.

"Kami kan dasarnya proposal yang dikirim oleh Himpaudi. Itu berarti semua sudah terhimpun oleh Himpaudi karena tidak ada himpunan yang lain kalau PAUD," ujar Sopan saat dihubungi, Minggu (3/12/2017).

Pada 2018, Pemprov DKI akan mengucurkan dana hibah sebesar Rp 40,2 miliar untuk Himpaudi DKI Jakarta. Dana hibah itu akan digunakan untuk honorarium 6.700 guru PAUD yang diajukan Himpaudi.

"Lembaga (PAUD) itu 4.000-an lebih. Pendidiknya itu yang sesuai dengan jumlah yang dihimpun itu oleh lembaga itu (Himpaudi)," kata Sopan.

Baca juga : Upaya Himpaudi Tingkatkan Kesejahteraan Guru PAUD...

Meski begitu, Sopan menyebutkan belum tentu semua guru PAUD akan menerima honor Rp 500.000 setiap bulan. Sebab, Pemprov DKI Jakarta akan memverifikasi calon penerima honor terlebih dahulu.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan honor. Syarat-syarat itu akan dituangkan dalam peraturan gubernur yang saat ini sedang dirumuskan. Salah satu syaratnya yakni memiliki surat tugas yang jelas dari yayasan tempat dia bekerja.

"Jadi, 6.700 itu belum tentu semua bisa menerima, yang menerima adalah yang memenuhi syarat yang tertuang dalam peraturan gubernur," ucap Sopan.

Menurut Sopan, verifikasi akan dilakukan saat dana hibah dicairkan. Dia memastikan semua guru PAUD yang terverifikasi akan mendapatkan honor setiap bulannya.

Pemberian hibah untuk guru PAUD baru pertama kali dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengatakan, Pemprov DKI menggunakan organisasi Himpaudi untuk menyalurkan dana hibah tersebut kepada guru-guru PAUD di Jakarta.

"Jalurnya kami coba sekarang lewat Himpaudi. Kami pertama kali ini (memberi hibah). Mau membagi satu-satu? Enggak mungkin," ujar Anies pada 29 November 2017.

Kompas TV Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menanggapi persoalan kesalahan penulisan alamat kantor Himpaudi.

PenulisNursita Sari
EditorEgidius Patnistik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM