Polisi Minta Pendapat Dokter Hewan soal Anjing yang Ditinggal 8 Jam di Dalam Mobil - Kompas.com

Polisi Minta Pendapat Dokter Hewan soal Anjing yang Ditinggal 8 Jam di Dalam Mobil

Iwan Supriyatna
Kompas.com - 04/12/2017, 22:45 WIB
Seekor anjing yang ditinggal pemiliknya di dalam mobil yang terparkir di Grand Indonesia selama delapan jam, Jumat (1/12/2017).Dokumentasi Tommy Prabowo Seekor anjing yang ditinggal pemiliknya di dalam mobil yang terparkir di Grand Indonesia selama delapan jam, Jumat (1/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolsek Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono mengaku telah melaksanakan proses mediasi antara Elishia dan Tommy Prabowo terkait penelantaran anjing di dalam mobil dengan kondisi mesin mobil mati.

Menurut Lukman, jika kasus ini dibawa ke ranah hukum, terlebih dahulu harus ada beberapa saksi mata saat terjadinya peristiwa tersebut. Selain itu, harus ada pendapat para ahli, dalam hal ini adalah dokter hewan.

"Dokter hewan yang bisa menjelaskan dengan ditempatkanya anjing dalam mobil dengan ventilasi terbatas dan tidak diberi makan atau minum termasuk dalam bentuk penelantaran atau penganiayaan," kata Lukman usai melakukan proses mediasi di Polsek Tanah Abang, Senin (4/12/2017).

Baca juga : Sambil Menahan Tangis, Tommy Prabowo Ingin Perjuangkan Anjing Valent

Elishia menunjukan foto dan video anjingnya bernama Valentine di Polsek Tanah Abang, Senin (4/12/2017).KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNA Elishia menunjukan foto dan video anjingnya bernama Valentine di Polsek Tanah Abang, Senin (4/12/2017).
Jika hal tersebut terbukti, maka sang pemilik bisa dijerat dengan pasal 302 KUHP tentang penganiayaan. "Kalau ada mengarah ke sana, ada pasal 302 KUHP tentang penganiayaan," ucap Lukman.

Namun, Lukman meminta akan meminta fakta dan bukti dari pelapor maupun terlapor untuk memudahkan proses pemeriksaan.

Baca juga : Seekor Anjing Ditinggal di Dalam Mobil di Grand Indonesia Selama 8 Jam

"Jika dibutuhkan mediasi yang kedua kalinya, kami siap. Kalau dilanjutkan ke tahap persidangan, pembuktian bahwa kasus ini masuk dalam kategori penganiayaan terhadap binatang itu harus ada," kata Lukman.

Tommy Prabowo menahan tangisnya saat meminta Valen untuk diserahkan ke pihak berwenang.KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNA Tommy Prabowo menahan tangisnya saat meminta Valen untuk diserahkan ke pihak berwenang.
Adapun Elishia merupakan pemilik anjing bernama Valentine yang ditinggalkannya selama 8 jam di mobil yang diparkirkannya di mal Grand Indonesia. Salah seorang pengunjung mal, Tommy Prabowo membuat video dan mengunggahnya melalui akun instagram @tommyprabowo. Video Tommy tentang anjing Valentmenjadi viral di sosial media.

Kompas TV Aktivis Hewan Selamatkan Ribuan Anjing dan Kucing

PenulisIwan Supriyatna
EditorKurnia Sari Aziza

Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM