Anies Instruksikan SKPD Rekrut Penyandang Difabel Jadi Pegawai DKI - Kompas.com

Anies Instruksikan SKPD Rekrut Penyandang Difabel Jadi Pegawai DKI

Jessi Carina
Kompas.com - 06/12/2017, 12:14 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama penyandang disabilitas dalam perayaan Hari Disabilitas Internasional di Panti Sosial Bina Hragita Belaian Kasih, Kalideres, Rabu (6/12/2017). KOMPAS.com/JESSI CARINA Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama penyandang disabilitas dalam perayaan Hari Disabilitas Internasional di Panti Sosial Bina Hragita Belaian Kasih, Kalideres, Rabu (6/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin penyandang difabelmendapat kesempatan kerja yang sama dengan warga lain. Untuk mewujudkan itu, dia akan membuka lapangan pekerjaan bagi penyandang di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

"Nanti kami akan mulai tahun depan. Di Pemprov DKI mulai merekrut secara khusus saudara kita penyandang difabeluntuk bekerja di Pemprov DKI," ujar Anies di Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih, Kalideres, Rabu (6/12/2017).

Anies akan memberi instruksi kepada seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk membuka rekrutmen itu.

Untuk jenis pekerjaannya, Anies mengaku masih akan membahasnya terlebih dahulu. Begitu juga dengan status kepegawaian mereka ketika direkrut sebagai pegawai Pemprov DKI.

Baca juga : Gubernur Anies Kurang Sreg Dengar Sebutan Penyandang Disabilitas

"Tentu pekerjaannya, karyanya sesuai dengan kemampuannya dan itu yang harus kita lakukan," kata Anies.

Saat menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies mengaku banyak bertemu dengan penyandang difabelyang potensial. Menurut dia, mereka dapat mengerjakan hal-hal yang biasa dilakukan warga pada umumnya. Pemprov DKI Jakarta tinggal memberikan kesempatan itu.

Baca juga : Jelang Putusan Kasus Etihad Airways, Dwi Aryani Berharap Keadilan bagi Penyandang Disabilitas

Anies mengatakan, hal ini justru lebih dibutuhkan oleh penyandang disabilitas. Alih-alih hanya sekadar bantuan, penyandang difabellebih butuh kesempatan yang sama.

"Yang dibutuhkan mereka bukan diberi setiap bulan tapi bagaimana mereka bisa berkarya," kata Anies.

Kompas TV Maybank Bali Marathon 2017 bukan hanya diikuti oleh para pelari profesional saja. Namun, penyandang difabeljuga ambil bagian dalam ajang tahunan ini.

PenulisJessi Carina
EditorAna Shofiana Syatiri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM