Akan Digusur, Pedagang Pasar Gembrong Harap Anies Beri Solusi untuk Lokasi Baru - Kompas.com

Akan Digusur, Pedagang Pasar Gembrong Harap Anies Beri Solusi untuk Lokasi Baru

Setyo Adi Nugroho
Kompas.com - 07/12/2017, 20:55 WIB
Kondisi pasar Gembrong, Kamis (7/12/2017). Pasar Gembrong dan sekitarnya akan ditata terkait pembangunan tol Becakayu.Kompas.com/Setyo Adi Kondisi pasar Gembrong, Kamis (7/12/2017). Pasar Gembrong dan sekitarnya akan ditata terkait pembangunan tol Becakayu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pedagang mainan di Pasar Gembrong, Jakarta Timur berharap akan diberikan tempat baru jika mereka akan digusur terkait proyek tol Becakayu.

Ini diungkapkan para pedagang yang mengetahui proses pengukuran bangunan dan lahan untuk penggantian sudah dilakukan di beberapa RW tempat tinggal mereka.

"Kita kan dagang. Kalau gusur gini mau ke mana. Kita kan punya keluarga. Kalau bisa ada solusi. Saran buat Pak Anies (Gubernur DKI Jakarta), cari lokasi," ucap Ratna (36) salah satu pedagang yang ditemui Kamis (7/12/2017).

Ratna berharap lokasi baru nantinya masih berdekatan dengan lokasi lama. Ia beranggapan kalau harus di tempat baru berarti harus dari awal membangun tempat usaha dan belum tentu ramai.

Baca juga : Semoga Pak Anies Bisa ke Pasar Gembrong Kan Merakyat, Jangan Kayak Pak Ahok

Amin (30) yang keluarganya telah berdagang di Gembrong sejak 1992 berharap jika para pedagang akan direlokasi, harus ada dialog bersama pedagang yang menempati pasar tersebut.

"Solusinya, para pedagang dilibatkan, difasilitasi dan diajak bicara. Kita mau kalau relokasi tapi diajak berdiskusi mengenai tempat tersebut," ucap Amin.

Kondisi pasar Gembrong, Kamis (7/12/2017). Pasar Gembrong dan sekitarnya akan ditata terkait pembangunan tol Becakayu di lahan tersebut.Kompas.com/Setyo Adi Kondisi pasar Gembrong, Kamis (7/12/2017). Pasar Gembrong dan sekitarnya akan ditata terkait pembangunan tol Becakayu di lahan tersebut.

Amin yang memiliki gudang penyimpanan barang saat ini kesulitan mencari lahan dengan ukuran yang sama dengan tokonya saat ini. Ia tengah berusaha mencari tempat dan berharap tempat tersebut membawa konsumen seramai di Pasar Gembrong.

Saat ini tiga wilayah Cipinang Besar Utara mulai RW 1, 2 dan 3 tengah bersiap untuk dilakukan penataan oleh pemerintah terkait pembangunan Becakayu. Saat ini baru RW 3 yang telah selesai dilakukan pengukuran.

Baca juga : Mushala Tak Bisa Tampung Jemaah, Warga Pasar Gembrong Tarawih di Jembatan

 

Nantinya pengukuran dilakukan bertahap di setiap wilayah RW tersebut mulai dari lahan dan bangunan. 

"Nantinya untuk proyek Becakayu. Kalau lihat dari desainnya yang sudah ditunjukkan kelurahan itu dari Gembrong dan tanah di seberangnya," kata Idariyanto, pedangang Pasar Gembrong lainnya.

PenulisSetyo Adi Nugroho
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM