Anies: Kebinekaan adalah Hal yang Amat Biasa - Kompas.com

Anies: Kebinekaan adalah Hal yang Amat Biasa

Sherly Puspita
Kompas.com - 08/12/2017, 07:33 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (7/12/2017).KOMPAS.com/NURSITA SARI Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (7/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menceritakan pengalamannya menghadiri perayaan Imlek di Kuil Petak Sembilan yang terletak di Jalan Kemenangan, Glodok, Jakarta Barat, beberapa tahun lalu. Saat itu Anies masih menjabat sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan.

Hal itu diceritakan Anies saat menghadiri HUT XIX Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) yang digelar di Mangga Dua Square, Jakarta Utara, Kamis (7/12/2017) malam.

"Saya waktu itu masih jadi menteri pendidikan dan kebudayaan, saya berkesempatan melihat suasana perayaan Imlek di beberapa tempat di Jakarta. Saya datang antaranya di Petak Sembilan. Di situ saya melihat hal-hal yang sangat biasa, tidak ada yang luar biasa," ujar Anies semalam.

Ia melihat peragaan kesenian Reog Ponorogo yang berdampingan dengan kesenian barongsai. "Itu biasa," sebutnya.

Baca juga: Sumpah Pemuda, Menjunjung Dharma dalam Kebinekaan Indonesia

Ia melihat warga dari berbagai etnis larut dalam perayaan itu. "Itu juga hal yang biasa," kata Anies.

Anies mengaku saat itu berbincang dengan penjual bunga beretnis Jawa dan merupakan seorang Muslim di depan kelenteng. Penjual bunga itu menyatakan kegembiraannya karena dagangannya lebih laku dari hari-hari biasanya. "Itu juga hal yang biasa," lanjutnya.

Anies juga melihat anak-anak dengan berbagai macam kostum bermain bersama dan lagi-lagi Anies mengatakan itu adalah hal yang teramat biasa.

Ia kemudian menjelaskan alasannya menganggap segala hal yang ia temui dalam perayaan imlek tersebut menjadi hal yang biasa.

"Mengapa saya katakan semua ini biasa dan tidak luar biasa, karena di Indonesia sesungguhnya kebinekaan adalah hal yang amat biasa, bukan luar biasa," ujar Anies.

Dalam sambutannya semalam, Anies mengajak seluruh warga Jakarta memahami kebinekaan sebagai hal yang mendasar dan mempersatukan bangsa.

PenulisSherly Puspita
EditorEgidius Patnistik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM