Uji Produk, Universitas Indonesia Luncurkan UI Halal Center - Kompas.com

Uji Produk, Universitas Indonesia Luncurkan UI Halal Center

Kompas.com - 19/12/2017, 16:04 WIB
Pemaparan uji kehalalan makanan dan minuman di Gedung ILRC Universitas Indonesia.KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNA Pemaparan uji kehalalan makanan dan minuman di Gedung ILRC Universitas Indonesia.

DEPOK, KOMPAS.com - Universitas Indonesia meluncurkan unit kerja khusus pelayanan dan pengabdian masyarakat bernama UI Halal Center di lantai 3 Auditorium Gedung Integrated Laboratory Research Center, UI Depok.

Kepala Laboratorium UI Halal Center Amarila Malik mengatakan, UI Halal Center merupakan usaha universitas untuk membantu pemerintah melaksanakan Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH).

"Kami melaksanakan kegiatan ini juga bekerja sama dengan Perhimpunan Al Irsyad dan Management and Science University (MSU)," kata Amarila di Kampus UI, Depok, Selasa (19/12/2017).

Baca juga: Penuhi Syarat Halal, Restoran Bergaya Jepang Ini Dapat Sertifikat SJH

Amarila mengatakan, kerja sama dengan ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Ketua Umum DPP Perhimpunan Al-Irsyad Basyir A Syawie dan Presiden TMSU Tan Sri Dato' Wira.

Dalam kerja sama ini, MSU akan mendampingi UI Halal Center, agar berkembang sebagai sebuah lembaga halal dengan standar mutu internasional. MSU merupakan sebuah halal center yang memiliki reputasi dan berjejaring internasional.

Baca juga: Ini Rencana Sandiaga Tata Masjid Luar Batang Jadi Halal Tourism

"Pendampingan ini diharapkan menjadi simbiosis mutualisme bagi kedua belah pihak," ucapnya.

Adapun sejumlah kegiatan yang akan dilakukan di UI Halal Center antara lain, menyediakan layanan uji produk, konsultasi advokasi produk dan jasa halal, pelatihan program-program pemberdayaan konsumen, dan lain-lain.


EditorKurnia Sari Aziza
Komentar

Close Ads X