Saldo OK-Otrip Terpotong Saat Perjalanan Kedua di Halte Transjakarta Ini - Kompas.com

Saldo OK-Otrip Terpotong Saat Perjalanan Kedua di Halte Transjakarta Ini

Sherly Puspita
Kompas.com - 26/12/2017, 21:06 WIB
Sepuluh halte transjakarta sudah melayani pembelian kartu One  Karcis One Trip (OK Otrip).Kompas.com/Sherly Puspita Sepuluh halte transjakarta sudah melayani pembelian kartu One Karcis One Trip (OK Otrip).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan kartu One Karcis One Trip (OK-Otrip) telah dilakukan di sejumlah halte transjakarta sejak tanggal 22 Desember 2017. Selain sudah melayani penjualan kartu, program OK-Otrip juga sudah dapat dinikmati warga Jakarta meski belum terintegrasi dengan moda transportasi selain transjakarta.

Tarif yang dikenakan jelang masa percobaan ini juga masih berupa tarif diskon yaitu sebesar Rp 3.500. Hal ini memungkinkan seorang pengguna transjakarta tak dikenakan saldo tambahan walaupun sudah keluar dari halte transjakarta dan ingin melanjutkan perjalanan kembali dengan transjakarta.

"Kalau pakai layanan transjakarta biasa kan kalau sudah tapping out terus mau lanjut transjakarta lagi saldonya kepotong waktu tapping in. Kalau pakai OK-Otrip enggak bayar lagi kalau perjalanannya belum sampai tiga jam," ujar petugas Halte Grogol 1 bernama, Septi saat ditemui, Selasa (26/12/2017).

Baca juga : Begini Cara Membeli Kartu Ok Otrip di Halte Transjakarta

Kompas.com pun menjajal layanan OK-Otrip melalui Halte Grogol 1. Ketika tapping in saldo dari kartu Ok Otrip yang semula Rp 20.000 terpotong Rp 3.500 menjadi Rp 16.500.

Caezar Icha, pelanggan transjakarta yang baru saja membeli kartu Ok Otrip, Selasa (26/12/2017).Kompas.com/Sherly Puspita Caezar Icha, pelanggan transjakarta yang baru saja membeli kartu Ok Otrip, Selasa (26/12/2017).

Setelah sepuluh menit kemudian, Kompas.com keluar dan melakukan tapping out. Kemudian kembali melakukan tapping in di halte yang sama, yaitu Halte Grogol 1. Menurut petugas yang berjaga, seharusnya di tapping in kedua saldo tak akan kembali terpotong.


Namun ternyata saldo kartu tersebut kembali terpotong sebesar Rp 3.500. Sehingga saldo yang tadinya Rp 16.500 terpotong menjadi Rp 13.000.

"Seharusnya tidak terpotong lagi saat tapping in kedua. Menurut korlap (koordinator lapangan) kami mesin tap memang sedang dalam upgrading system. Tapi masalah seperti ini akan lekas ditangani," sebut Septi.

Baca juga : 10 Halte Transjakarta Ini Layani Pembelian Kartu OK Otrip

Hal yang sama diungkapkan Kepala Humas Transjakarta, Wibowo. Menurutnya, untuk kasus semacam ini seharusnya tak ada penarikan saldo di tapping in kedua.

"Pakai kartu OK-Otrip. Di halte mana? Tap pertama Rp 3.500 lalu kedua Rp 0 selama tiga jam," sebut Bowo saat dihubungi Kompas.com, Selasa.

Ia berjanji akan mengecek masalah ini segera demi kenyamanan pelanggan. "Saya sudah laporkan ke penanggung jawab. Biar diperiksa," lanjut Bowo. 

PenulisSherly Puspita
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM