Anies Ingin Program Nikah Massal Ada Setiap Tahun - Kompas.com

Anies Ingin Program Nikah Massal Ada Setiap Tahun

Nursita Sari
Kompas.com - 27/12/2017, 19:58 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Masjid Nurul Jihad, Jagakarsa, Sabtu (23/12/2017).KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Masjid Nurul Jihad, Jagakarsa, Sabtu (23/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, penyelenggaraan nikah massal pada malam tahun baru 2018 merupakan awal digelarnya program tersebut. Anies menyebut Pemprov DKI akan menggelar program yang sama tahun-tahun berikutnya.

Anies berencana akan menggelar program nikah massal itu lebih dari satu setiap tahunnya.

"Jadi, ini baru awal. Nanti dari sini kami evaluasi dan kami siapkan tahun depan, persiapannya lebih panjang dan mungkin dikerjakannya enggak hanya sekali, tapi bisa lebih dari satu kali," ujar Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Rabu (27/12/2017).

Anies menjelaskan, program nikah massal bertujuan untuk membantu warga Jakarta yang tidak mampu menggelar pernikahan secara pribadi. Sebab, biaya pernikahan di Ibu Kota cukup mahal.

Baca juga : Upaya Sandiaga Wujudkan Mahar Emas untuk Peserta Nikah Massal...

"Ini lebih pada memfasilitasi saudara-saudara kita yang secara sosial ekonomi itu lemah sehingga kami memfasilitasi agar mereka bisa menikah dengan praktis, enggak ada biaya," kata Anies.

Menurut Anies, program nikah massal ini merupakan cara Pemprov DKI Jakarta membahagiakan warga Ibu Kota. Anies dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memiliki slogan "maju kotanya, bahagia warganya" sejak masa Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Ini adalah salah satu cara kami untuk berpihak kepada yang lemah, memfasilitasi yang lemah, supaya mereka juga bisa merasakan kebahagiaan berada di kota Jakarta," ucapnya.

Baca juga : Sandiaga Ikut Penggalangan Dana untuk Mahar Emas Peserta Nikah Massal

Nikah massal akan digelar pada 31 Desember 2017 malam di park and ride, Jalan MH Thamrin Nomor 10. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Badan Amil, Zakat, Infaq, dan Shadaqah (Bazis) DKI menyiapkan mahar berupa alat shalat dan Al Quran. Peserta juga akan diberikan mahar 1 gram emas dalam bentuk deposito.

PenulisNursita Sari
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM