Amankah Berenang di Danau Sunter? - Kompas.com

Amankah Berenang di Danau Sunter?

Setyo Adi Nugroho
Kompas.com - 04/01/2018, 19:01 WIB
Kondisi danau Sunter, Kamis (4/1/2018). Danau Sunter akan menjadi tempat diselenggarakannya festival danau Sunter Februari mendatang.KOMPAS.com/SETYO ADI Kondisi danau Sunter, Kamis (4/1/2018). Danau Sunter akan menjadi tempat diselenggarakannya festival danau Sunter Februari mendatang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berenang di Danau Sunter menuai beragam reaksi, salah satunya mempertanyakan aman tidaknya berenang di danau sepanjang 1 kilometer tersebut.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com di halaman mesin pencari Google, setidaknya ada kecelakaan yang merenggut nyawa di danau tersebut setiap tahunnya.

"Baru beberapa bulan lalu juga ada yang tenggelam. Ditemukan beberapa hari kemudian. Kedalaman danau ini 8 sampai 10 meter," ucap Yanto, warga yang tengah memancing di pinggir danau, Kamis (4/1/2018).

Baca juga : Wali Kota Jakut Temukan Bangunan Semipermanen di Danau Sunter

Pengurus olahraga ski air Danau Sunter yang juga Sekretaris Koperasi Pembina Profesi dan Olahraga Perairan (KPPOP) di Danau Sunter, Nasir Kadir, menyampaikan bahwa Danau Sunter merupakan tempat yang pas untuk berolahraga air apa pun jenisnya.

Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. "Danau itu cukup dalam, di tengah sampai delapan meter. Perlu pengamanan khusus saat hendak melakukan aktivitas olahraga, apalagi berenang," ucap Nasir.

Menurut dia, tak jarang warga yang celaka saat berenang di Danau Sunter. Kebanyakan, mereka mengalami keram pada kakinya karena kurang persiapan.

"Kalau cuma berenang sebentar saja sih tidak masalah. Kalau seluruh danau pasti sulit, perlu waspada juga," ucap Nasir.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad menyatakan, Danau Sunter aman untuk kegiatan olahraga.

"Tidak berbahaya. Biasa dulu dibuat ski air. Pengamanan juga tidak ada masalah. Paling penting memang penataan harus terpadu untuk kebutuhan olahraga, kuliner, kebutuhan memancing hobi kemudian juga bersantai," ucap Husein di kesempatan berbeda.

Adapun Danau Sunter menjadi lokasi dilaksanakannya Festival Danau Sunter pada Februari mendatang.

Saat festival tersebut, Sandiaga berencana berenang untuk bertanding bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang direncanakan ber-paddleboard mengarungi Danau Sunter.

Baca juga : Begini Kondisi Danau Sunter yang Akan Jadi Tempat Tanding Sandiaga dan Menteri Susi

Di Kawasan Danau Sunter, Pemerintah Kota Jakarta Utara mengadakan pesta pergantian tahun. Ketika itu, kegiatan dipusatkan di Jalan Danau Sunter Selatan.

Kompas TV Yang juga tengah jadi sorotan adalah tantangan dari Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti kepada Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya Sandiaga Uno.

PenulisSetyo Adi Nugroho
EditorIcha Rastika
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM