Setelah Tanah Abang Ditata, PKL dan Satpol PP Disebut Sudah Bersahabat - Kompas.com

Setelah Tanah Abang Ditata, PKL dan Satpol PP Disebut Sudah Bersahabat

Nursita Sari
Kompas.com - 05/01/2018, 21:18 WIB
Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede saat konferensi pers evaluasi penataan Tanah Abang, Jakarta Pusat, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (5/1/2018).KOMPAS.com/NURSITA SARI Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede saat konferensi pers evaluasi penataan Tanah Abang, Jakarta Pusat, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (5/1/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede mengatakan, pedagang kaki lima Tanah Abang kini bersahabat dengan Satpol PP. Hal itu terjadi sejak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menata kawasan Tanah Abang dengan membebaskan PKL berjualan di badan Jalan Jatibaru Raya.

"Sekarang PKL dengan Satpol PP bisa bersahabat," ujar Mangara dalam konferensi pers evaluasi penataan Tanah Abang di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (5/1/2018).

Mangara menjelaskan, PKL dan Satpol PP sebelumnya selalu bermusuhan. Satpol PP sering bertengkar dan diludahi PKL yang ditertibkan.

Anggota Satpol PP, lanjutnya, merasa puas dengan penataan yang dilakukan Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno itu.

Baca juga: Setiap Hari Kami Tempur dengan PKL Tanah Abang, Dicibir sampai Diludahi...

PKL Tanah Abang berdebat dengan petugas Satpol PP DKI Jakarta karena tidak mau ditertibkan. PKL minta Pemprov DKI menyediakan lapak khusus bagi mereka, Jumat (22/12/2017).Kompas.com/David Oliver Purba PKL Tanah Abang berdebat dengan petugas Satpol PP DKI Jakarta karena tidak mau ditertibkan. PKL minta Pemprov DKI menyediakan lapak khusus bagi mereka, Jumat (22/12/2017).
"Kepuasan dari teman-teman saya yang selalu bertugas di Tanah Abang, dari Satpol PP yang sebelum ini, mereka setiap hari tegang-tegangan sama PKL, berantem dengan PKL, ya diludahi karena ditertibkan," katanya.

Anies-Sandiaga menata Tanah Abang dengan membebaskan PKL berdagang di Jalan Jatibaru Raya. Jalan tersebut ditutup setiap hari, pukul 08.00-18.00. Satu jalur jalan digunakan PKL, sedangkan satu jalur lainnya digunakan transjakarta. PKL disediakan tenda yang bisa didapatkan gratis.

Baca juga: Polisi Sarankan Dua Hal Ini untuk Penataan Tanah Abang

PT Transjakarta menyediakan shuttle bus untuk mengangkut penumpang berkeliling kawasan Tanah Abang.

Kompas TV Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno masih mempertimbangkan lokasi penampungan sementara untuk pedadang di Tanah Abang.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisNursita Sari
EditorKurnia Sari Aziza
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM