Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Romansa Ahok-Veronica, Pertemuan di Gereja hingga Surat Cinta dari Balik Jeruji

Kompas.com - 08/01/2018, 14:25 WIB
Jessi Carina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kabar mengenai mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang menggugat cerai istrinya, Veronica Tan, mengagetkan banyak pihak. Sebab, selama ini keduanya tampak harmonis.

Teringat akan cerita Basuki atau Ahok mengenai pertemuan pertamanya dengan Veronica. Ahok pernah bercerita, Gereja Kristus Yesus di Pluit merupakan tempat pertemuan pertamanya dengan Vero.

Ceritanya cukup sederhana, dulu Ahok tidak sengaja menginjak kaki Vero.

"Pertama kali bertemu di gereja. Enggak sengaja keinjek kakinya. Ini namanya bukan dari mata turun ke hati, melainkan dari kaki naik ke hati," kata Ahok di Balai Kota, Februari 2016.

Kejadian itu berlangsung pada 1994. Ketika itu, Ahok sudah bekerja, sementara Vero baru masuk kuliah. Keduanya sama-sama aktif di gereja.

Baca juga: Romansa Ahok-Veronica, dari Kaki Naik ke Hati

Ahok pernah menjadi Ketua Majelis Gereja, sementara Vero juga aktif mengikuti pelayanan di gereja itu. Ahok tertarik hanya dengan melihat kaki Vero. Selain itu, kepiawaian Veronica saat memainkan piano juga berhasil memikat hati Ahok.

"(Yang membuat suka sama Veronica) main piano di gereja. Bu Vero bisa nyanyi juga," ujar Ahok berseri-seri.

Ahok dan Vero menikah pada 6 September 1997. Mereka sudah dikaruniai tiga anak, yaitu Nicholas Sean, Nathania, dan Daud Albeenner.

Tangisan Vero

Veronica Tan menangis saat membacakan tulisan tangan suaminya, Basuki Tjahaja Purnama, saat jumpa pers di Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (23/5/2017). Keluarga Ahok telah memutuskan untuk membatalkan banding dalam kasus penodaan agama.AFP PHOTO / GOH CHAI HIN Veronica Tan menangis saat membacakan tulisan tangan suaminya, Basuki Tjahaja Purnama, saat jumpa pers di Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (23/5/2017). Keluarga Ahok telah memutuskan untuk membatalkan banding dalam kasus penodaan agama.
Banyak hal terjadi pada Ahok selama tahun 2016. Ahok tersandung kasus penodaan agama di tengah proses Pilkada DKI 2017. Setiap Selasa, Ahok harus mengikuti persidangan.

Selama persidangan, Vero memang tidak pernah hadir menyaksikannya. Vero juga tidak pernah berkomentar mengenai kasus yang menimpa suaminya.

Baca juga: Ini Isi Surat Ahok untuk Pendukungnya yang Dibacakan Veronica

Sampai akhirnya Ahok divonis 2 tahun penjara. Beberapa hari setelah vonis, Vero muncul dalam sebuah konferensi pers untuk membacakan surat yang ditulis suaminya. Surat tersebut menyatakan Ahok tak akan naik banding.

Tanpa disangka, Veronica menangis saat membaca surat itu. Vero terisak sambil memegang mikrofonnya. Adik Ahok, Fifi, berusaha menenangkan kakak iparnya itu dengan memberikan tisu. Foto Vero yang menangis viral. Warganet bersimpati atas apa yang menimpa Vero.

Surat cinta

Surat yang ditulis oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk istrinya, Veronica di hari ulang tahun pernikahan mereka yang ke-20.Istimewa Surat yang ditulis oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk istrinya, Veronica di hari ulang tahun pernikahan mereka yang ke-20.
September lalu, pernikahan Ahok dan Vero memasuki usia 20 tahun. Vero mendapatkan kejutan dari Ahok melalui putra pertamanya, Nico. Nico membacakan surat yang ditulis Ahok untuk Vero.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com