Bulan Tertib Trotoar Berlanjut, Puluhan Motor dan Lapak PKL di Jatinegara Ditertibkan - Kompas.com

Bulan Tertib Trotoar Berlanjut, Puluhan Motor dan Lapak PKL di Jatinegara Ditertibkan

Stanly Ravel
Kompas.com - 11/01/2018, 20:29 WIB
Razia yang dilakukan aparat gabungan dari Sudin Perhubungan dan Satpol Pamong Praja Jakarta Selatan, Senin (11/9/2017). Razia dilakukan dalam rangka bulan tertib trotoar.Kompas.com/Alsadad Rudi Razia yang dilakukan aparat gabungan dari Sudin Perhubungan dan Satpol Pamong Praja Jakarta Selatan, Senin (11/9/2017). Razia dilakukan dalam rangka bulan tertib trotoar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Satpol PP gabungan dari Kecamatan Jatinegara, Kota, dan Matraman, menertibkan puluhan kendaraan motor dan lapak PKL di kawasan jalan Bekasi Barat hingga Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (11/12018).

"Penertiban tersebut dilakukan dalam rangka Bulan Tertib Trotoar (BTT) lanjutan dari tahun lalu. Kita mulai dari pukul 13.00 sampai 15.30," ucap Sadikin, Kasatpol PP Kecamatan Jatinegara kepada Kompas.com, Kamis (11/1/2018).

Sadikin mengatakan ada 34 sepeda motor yang melakukan pelanggaran memarkir di bahu jalan. Sebagai sanksi para petugas melaksanakan operasi cabut pentil (OCP) sebagai efek jera.

Sementara lima mobil yang parkir di trotoar dan bahu jalan juga di derek oleh petugas Dinas Perhubungan (Dishub). Sedangkan penilangan dilakukan bagi empat pengendara bajaj.

Baca juga : Pedagang Barang Bekas Okupasi Trotoar Stasiun Kebayoran

"Untuk kendala tidak ada, hanya argumentasi biasa saja. Mereka yang bannya kami kempesin pertama tidak terima, tapi setelah kita jelaskan salahnya mereka bisa mengerti," ucap Sadikin.

Satpol PP juga mengamankan puluhan lapak liar penjual batu akik, satu gerobak barang bekas, satu terpal milik penjual ketoprak, dan empat bangku plastik milik tukang bubur yang mengokupasi trotoar. Semua barang diamankan di Kantor Kecamatan Jatinegara.

"Lapaknya saja yang kita amankan, bukan barang daganganya. Inti dari BTT hari ini ternyata masih banyak warga yang parkir di trotoar akibat belum memahami tentang aturan Instruksi Gubernur No. 99 tahun 2019," kata Sadikin.

Menurut Sadikin, kegiatan BTT untuk wilayah Jakarta Timur akan dilakukan bergantian setiap hari per kecamatan guna menertibkan dan mengembalikan fungsi trotoar.

PenulisStanly Ravel
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM