Sandi: Ada Usul Pelelangan Ikan Kalibaru Direvitalisasi seperti Tsukiji Fish Market di Tokyo - Kompas.com

Sandi: Ada Usul Pelelangan Ikan Kalibaru Direvitalisasi seperti Tsukiji Fish Market di Tokyo

Nursita Sari
Kompas.com - 13/01/2018, 13:55 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meninjau kondisi tempat pelelangan ikan di Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (13/1/2018).KOMPAS.com/NURSITA SARI Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meninjau kondisi tempat pelelangan ikan di Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (13/1/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, ada yang mengusulkan tempat pelelangan ikan di Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, direvitalisasi seperti Tsukiji Fish Market di Tokyo, Jepang.

Usulan ini datang dari salah satu komunitas di Jakarta. "Di sini ini kami lihat keaslian dan kearifan lokal, ada dari Komunitas Jakarta Tersenyum mengusulkan seperti kayak Tsukiji Market di Jepang," ujar Sandiaga di Kalibaru, Sabtu (13/1/2018).

Sandiaga yang pernah datang langsung ke Tsukiji Fish Market itu memberikan sinyal positif. Dia ingin warga nantinya turut berpartisipasi untuk meramaikan pelelangan ikan Kalibaru.

"Alangkah baiknya kalau kita secara kecil, tradisional, mengajak warga juga mempertontonkan hasil penangkapannya dan ada pelelangan kecil di sini yang nanti bisa melibatkan semua warga," kata dia.

Baca juga : Sandiaga: Tempat Pelelangan Ikan di Kalibaru Benar-benar Hancur

Sandiaga menyebut kondisi tempat pelelangan ikan di Kalibaru sangat hancur. Dia menyebut Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membantu memperbaiki tempat pelelangan ikan yang lahannya dimiliki warga tersebut.

Sandiaga meminta jajarannya duduk bersama warga dan komunitas setempat memikirkan solusi yang dibutuhkan untuk memperbaiki tempat pelelangan ikan itu.

"Kalau Pemprov sendiri enggak akan bisa bekerja, tetapi kami harus bekerja dengan komunitas, dengan para penggerak-penggerak yang ada di sini, sehingga nanti dengan partisipasi dari masyarakat akan hadir tempat pelelangan yang lebih layak," ucapnya.

Baca juga : Revitalisasi Kalibaru Hampir Selesai, Ada Trotoar Selebar 9 Meter

Sandiaga menyampaikan, tempat pelelangan itu harus diperbaiki karena mendukung kegiatan perekonomian warga di sana.

Adapun Tsukiji Fish Market adalah salah satu pasar ikan yang terkenal dengan aktivitas perdagangan ikan segar berkualitas tinggi sejak dini hari di mana ada pelelangan ikan, pemotongan ikan, dan segala aktivitas jual-beli.

Di area luar pasar ikan terdapat tempat-tempat sushi yang menggunakan produk unggul.

PenulisNursita Sari
EditorIcha Rastika
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM