Pengunjung Sayangkan Wacana Penggusuran Pasar Gembrong - Kompas.com

Pengunjung Sayangkan Wacana Penggusuran Pasar Gembrong

Kompas.com - 07/02/2018, 20:05 WIB
Suasana Pasar Gembrong, Jakarta Timur, pada Rabu (7/2/2018). Pasar Gembrong dikabarkan akan digusur terkait pembangunan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu)KOMPAS.COM/Ardito Ramadhan D Suasana Pasar Gembrong, Jakarta Timur, pada Rabu (7/2/2018). Pasar Gembrong dikabarkan akan digusur terkait pembangunan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu)

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah pengunjung Pasar Gembrong, Jakarta Timur menyayangkan wacana penggusuran pasar tersebut yang lahannya akan digunakan untuk pembangunan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu.

Para pengunjung menilai, Pasar Gembrong telah menjadi tempat andalan untuk membeli aneka mainan anak dengan harga murah.

"Menyayangkan ya karena Pasar Gembrong ini kan sudah lama ya. Terus, orang-orang tahunya juga di sini kan kalau cari mainan" kata Firman saat tengah berbelanja di Pasar Gembrong, Rabu (7/2/2018) sore.

Firman mengatakan, ia selalu datang ke Pasar Gembrong apabila perlu membeli mainan. "Kalau beli mainan untuk anak atau saudara yang ulang tahun selalu di sini," katanya.

Hal tersebut diamini Fandi, warga Ciputat yang mengaku sering ke Pasar Gembrong untuk membeli hadiah.

"Ya lumayan sering ya. Kalau lewat sini biasanya beli hadiah untuk keponakan," ujar dia.

Baca juga : Pedagang Pasar Gembrong Belum Ketahui Tanggal Penggusuran

Faktor harga rupanya jadi salah satu pertimbangan Firman dan Fandi untuk berbelanja di Pasar Gembrong.

"Kalau kita ke toko-toko atau mal itu harganya lebih mahal. Di sini harganya lebih terjangkau dan bisa ditawar," kata Firman.

Selain itu, Pasar Gembrong menawarkan berbagai jenis mainan anak. "Banyak saja mainannya, jadi ada banyak pilihan buat si kecil," kata Putri yang tengah membeli mainan untuk sang anak.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, mainan-mainan yang dijajakan di Pasar Gembrong memang beragam, mulai dari mobil-mobilan, boneka, dan segala pernak-perniknya, hingga berbagai macam senjata api mainan.

Bahkan, di salah satu sudut pasar, terdapat sejumlah pedagang yang menjual anak-anak ayam yang diwarnai.

Putri pun sangat menyayangkan apabila Pasar Gembrog digusur. "Saya jadi bingung mau belanja ke mana lagi, sudah biasa di sini sih," kata dia.

Baca juga : PD Pasar Jaya Sediakan Tempat Relokasi Pedagang Pasar Gembrong

Pasar Gembrong yang terletak di Jalan Basuki Rachmat, Jakarta Timur, kabarnya segera digusur.

Lahan Pasar Gembrong rencananya digunakan untuk pembangunan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berjanji akan berkoordinasi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam pembangunan Tol Becakayu untuk merelokasi para pedagang Pasar Gembrong.


Komentar

Close Ads X